Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Buka Kembali Keran Ekspor Batu Bara, Ini Syaratnya

Keran ekspor batu bara kembali dibuka setelah sempat dilarang oleh pemerintah untuk memenuhi pasokan batu bara pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU milik PT PLN (Persero).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  08:12 WIB
Pemerintah Buka Kembali Keran Ekspor Batu Bara, Ini Syaratnya
Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg - Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keran ekspor batu bara kembali dibuka setelah sempat dilarang oleh pemerintah untuk memenuhi pasokan batu bara pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU milik PT PLN (Persero).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, per hari ini ekspor batu bara sudah mulai dapat dilakukan kembali secara bertahap untuk perusahaan yang telah memenuhi ketentuan domestic market obligation (DMO).

Dia menjelaskan, pemberian izin ekspor itu dilakukan setelah pasokan batu bara untuk PLN dinyatakan aman. Pasokan batu bara PLN sampai dengan hari ini telah mencapai hari operasi (HOP) 15 hari sampai dengan 20 hari.

Saat ini, lanjut Luhut, terdapat 37 kapal yang mengangkut batu bara dari perusahaan yang telah memenuhi ketentuan DMO siap untuk dikirim.

“Ya malam ini kita akan release,” ujarnya saat kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Rabu (12/1/2022).

Luhut menambahkan, sejumlah negara telah menghubungi Indonesia karena sangat membutuhkan pasokan batu bara sebagai sumber energinya.

Di samping itu, kebijakan pembukaan keran ekspor batu bara juga dinilai akan berdampak baik terhadap kondisi keuangan negara yang saat ini sangat membutuhkan anggaran.

“Tadi Pak Presiden [Jokowi] tanya saya, saya bilang Pak sudah mulai hari ini kita akan mulai release. Pak Presiden lapor, ternyata banyak negara-negara di sekeliling kita ini sangat membutuhkan Indonesia,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor batu bara Luhut Pandjaitan
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top