Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cari Hunian? Stok Apartemen di Jakarta Bakal Bertambah Tahun Ini

Jumlah tambahan 24.775 unit tersebut berdasarkan data status pengembangan terakhir dari pengembang dan diperkirakan masih bisa bertambah lagi dibanding tahun 2021.
Apartemen 45 Antasari/ Istimewa
Apartemen 45 Antasari/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Konsultan properti Colliers International memproyeksikan akan ada tambahan 24.775 unit apartemen strata di DKI Jakarta yang selama 2022 hingga 2025.

Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto mengatakan jumlah tambahan 24.775 unit tersebut berdasarkan data status pengembangan terakhir dari pengembang dan diperkirakan masih bisa bertambah lagi dibanding tahun 2021.

Data tersebut juga sangat dinamis dan fluktuatif sehingga bisa saja berubah dalam waktu tiga bulan ke depan

"Jumlah 24.775 unit ini masih bisa bertambah jika ada peluncuran proyek baru. Launching produk baru itu nanti dia akan mengikuti dari kondisi pasar yang ada, kalau memang developer sudah confident, biasanya akan lebih banyak lagi (unit apartemen) dan data ini memang sangat dinamis," ujarnya dalam media briefing, Rabu (5/1/2022)

Keoptimisan penjualan apartemen tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu juga kondisi ekonomi yang semakin membaik. Kendati demikian, kondisi tersebut dengan catatan tidak ada gelombang ketiga Covid-19. Selain itu juga diberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sampai Juni 2022.

Dia menuturkan sebelumnya pemerintah akan menerapkan diskon PPN tersebut hanya untuk rumah ready stock. Namun, berdasarkan informasi yang didapat, kebijakan tersebut juga akan diterapkan pada rumah dan apartemen indent. Jika kebijakan tersebut benar-benar diterapkan maka penjualan apartemen tahun ini mendapat sentimen positif.

"Artinya, ada kesempatan 6 bulan ke depan ini kalau pasar bisa memanfaatkan, mereka dapat melakukan pembelian terhadap apartemen yang memang sedang dibangun jadi tidak harus ready stock," tuturnya.

Ferry menambahkan total unit yang terjual sepanjang 2021 mencapai sebesar 1.289 unit. Adapun tingkat penjualan pada kuartal IV tahun 2021 mencapai 516 unit atau 2,6 kali lebih besar daripada penjualan kuartal III tahun 2021.

"Tingkat serapan sedikit naik sebesar 0,23 persen (QoQ) atau 0,28 persen (YoY) menjadi 87,52 persen," katanya.

Pada kuartal IV tahun 2021, tidak ada proyek baru yang diperkenalkan. Dia memproyeksikan akan banyak proyek baru di tahun 2022 setelah tertahan selama 2 tahun terakhir.

Sepanjang 2021, total unit yang diserahterimakan mencapai 4.325 unit, naik sebesar 60 persen dibanding tahun 2020. Selama kuartal IV tahun 2021, sebanyak 2.218 unit dari 6 proyek telah rampung dan diserahterimakan oleh pengembang.

"Total stok apartemen di Jakarta hingga tahun 2021 hanya naik 2 persen (yoy) sebesar 222.059 unit," ucap Ferry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper