Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akuisisi Rampung, Astra Infra Kantongi Saham 49 Persen di Tol Pandaan-Malang

Dengan selesainya proses akuisisi ini, maka saham JPM kini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 51 persen, dan Astra Infra sebesar 49 persen.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  12:46 WIB
Akuisisi Rampung, Astra Infra Kantongi Saham 49 Persen di Tol Pandaan-Malang
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat meresmikan jalan tol Pandaan-Malang di gerbang tol Singosari, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) menuntaskan akuisisi 49 persen saham PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM). 

PT JPM merupakan pengelola ruas jalan tol Pandaan-Malang sepanjang 38,5 km dari PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Dengan selesainya proses akuisisi ini, maka saham JPM kini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 51 persen, dan Astra Infra sebesar 49 persen.  

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan bahwa Astra Infra konsisten dengan komitmennya untuk mendukung kemajuan infrastruktur bangsa. 

Tol Pandaan-Malang merupakan ruas tol ke-8 bagi Astra Infra sehingga akuisisi ini akan menambah kontribusi Astra Infra di jalan tol menjadi total panjang 396 Km.

“Memperkuat portofolio bisnis jalan tol dengan berinvestasi pada Ruas Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu wujud ikhtiar Astra Infra di tahun 2021 untuk terus bertumbuh dan berkontribusi di tengah pandemi,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (30/12/2021).  

Ruas Tol Pandaan-Malang yang beroperasi sejak 2019 ini memiliki peranan penting sebagai penghubung dua kota besar di Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Malang. Memudahkan konektivitas bagi masyarakat sehari-hari, mobilitas logistik hingga potensi industri dan wisata yang dapat dijangkau lebih cepat dibandingkan melalui jalan nasional. 

Selain itu, jalan tol ini juga mendukung peningkatan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Kota Malang. 

Keberadaan ruas tol ini diharapkan akan dapat mengembangkan potensi ekonomi wilayah sekitarnya sehingga menciptakan efek berganda bagi kesejahteraan masyarakat serta memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur terutama daerah Malang.

Ruas Tol Pandaan-Malang yang memiliki pemandangan alam yang indah, dikelilingi dengan 6 Gunung yaitu Bromo,Semeru, Arjuno, Kawi, Panderman dan Penanggungan, telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Ruas Jalan Tol Terbaik 2021 dari Kementerian PUPR.  

"Astra Infra terus mengedepankan pelayanan menuju operationalexcellence, termasuk langkah-langkah strategis dalam pengelolaan jalan tol di masa pandemi Covid-19," katanyam   

Saat ini, kontribusi Astra Infra di Jalur Tol Trans Jawa meliputi Ruas Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Jalur Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yaitu Ruas Tol Kebon Jeruk-Ulujami dan JORR 2 di Ruas Tol Kunciran-Serpong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasamarga Astra Infra Toll Road Tol Pandaan-Malang
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top