Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terseok-seok Bayar Utang, Evergrande Tetap Lanjutkan Proyek Perumahan

Saat ini, hampir 92 persen proyek properti Evergrande telah dimulai kembali, dibandingkan dengan hanya sekitar 50 persen pada awal September 2021.
Pemilik Evergrande Hui Ka Yan/Newsweek
Pemilik Evergrande Hui Ka Yan/Newsweek

Bisnis.com, JAKARTA - China Evergrande Group memulai kembali kegiatan konstruksinya di sebagian besar proyek perumahan setelah pihak berwenang mendorong perseroan untuk membayar pekerja migran dan menyerahkan apartemen.

Dilansir Bloomberg pada Senin (27/12/2021), perusahaan menyatakan pada Minggu malam, bahwa hampir 92 persen proyek properti telah dimulai kembali, dibandingkan dengan hanya sekitar 50 persen pada awal September.

Jumlah pekerja juga ikut bertambah 31 persen dibandingkan dengan September menjadi 89.000.

"Sepanjang kami memulai pekerjaan, produksi, dan konstruksi, kami akan bisa menyerahkan rumah kepada pembeli, melanjutkan penjualan dan operasi serta membayar utang," ujar Chairman Evergrande Group Hui Ka Yan.

Evergrande telah dianggap gagal bayar terhadap dua obligasinya di saat terlilit kewajiban senilai US$300 miliar. Evergrande menghadapi sejumlah utang jatuh tempo tahun depan dan mengatakan perseroan berencana untuk "secara aktif terlibat" dengan kreditur luar negeri pada rencana restrukturisasi utang.

Beijing telah mulai mengurangi pembiayaan untuk beberapa pengembang serta pembeli rumah. Adapun perbaikan Evergrande sekarang dipandu oleh komite risiko yang mencakup pejabat daerah Guangdong.

Dalam pernyataan kebijakan moneter kuartalan yang dirilis pada Sabtu, bank sentral China menjanjikan dukungan fiskal yang lebih besar untuk mendukung ekonomi mempromosikan pertumbuhan sehat sektor properti, melindungi hak-hak pembeli rumah, dan memenuhi permintaan perumahan dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper