Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Deretan Bandara Udara yang Sepi Penumpang

Sejumlah bandara udara yang baru diresmikan di Indonesia tercatat masih sepi penumpang akibat minimnya perencanaan tata wilayah.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  10:11 WIB
Fasilitas check in di Bandara New Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. - Bisnis/Sri Mas Sari
Fasilitas check in di Bandara New Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. - Bisnis/Sri Mas Sari

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah bandara yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo tercatat masih sepi penumpang.

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menambah daftar bandara baru sepi penumpang setelah diresmikan oleh Joko Widodo dan berimbas kepada keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  

Sebelum YIA, ada Bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang juga sepi penumpang sehingga Citilink, maskapai penerbangan yang satu-satunya melayani rute tersebut memutuskan menutup operasinya.

Jauh sebelum Bandara JB Soedirman, ada Bandara Kertajati yang laju pertumbuhan pergerakan penumpang dan penerbangannya terkendala akses transportasi darat.

“Pandemi Covid-19 melanda pada saat Angkasa Pura I tengah dan telah melakukan pengembangan berbagai bandaranya yang berada dalam kondisi kekurangan kapasitas. Seperti Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) yang menghabiskan biaya pembangunan hampir Rp12 triliun,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik, Minggu (5/12/2021).  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Amanda Kusumawardhani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top