Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Akhir Tahun, Ada Potensi Delay Akibat Kongesti

Kongesti yang terjadi di pelabuhan global masih eksis dan mungkin akan mengubah potensi jadwal kedatangan kapal luar negeri ke dalam negeri.
Truk kontainer bersiap menurunkan kontainer ke dalam kawasan Terminal Peti Kemas dalam kawasan Pelindo II./Bisnis-Anggara Pernando
Truk kontainer bersiap menurunkan kontainer ke dalam kawasan Terminal Peti Kemas dalam kawasan Pelindo II./Bisnis-Anggara Pernando

Bisnis.com, JAKARTA – Eksportir Importir, operator kapal, pelabuhan dan operator forwarder diminta untuk mengantisipasi  potensi tertundanya pengiriman barang jelang natal dan tahun baru akibat kongesti yang terjadi di pelabuhan global.

Pakar Maritim Saut Gurning menjelaskan kongesti yang terjadi di pelabuhan global masih eksis dan mungkin akan mengubah potensi jadwal kedatangan kapal luar negeri ke dalam negeri. Hal ini nantinya bakal berdampak ke berbagai feeder dan armada pengumpan secara domestik. Dengan demikian, kemungkinan windows schedule, frekuensi atau jadwal akan berubah.

“Sehingga alternatif jadwal atau rencana layanan perlu diantisipasi kepada pengguna jasa atau semua yang terkait. Dan tentu ekspektasi masyarakat sebagai konsumen akhir semua antisipasi di atas tidak berdampak pada kenaikan biaya atau harga barang,” katanya, Senin (8/10/2021).

Saut juga mengharapkan munculnya potensi dorongan musiman akhir tahun bersama dengan situasi kongesti di pelabuhan luar negeri tidak menimbulkan inflasi bagi barang konsumsi, barang modal dan barang/aset kritikal industri, jasa dan masyarakat secara umum.

Menurutnya, menjelang natal dan tahun baru biasanya ada pola musiman akibat kegiatan sosial dan budaya yang dibutuhkan masyarakat pada umumnya. Biasanya bahan atau barang konsumsi.

Namun, dalam periode akhir tahun lalu ada perubahan gejala kenaikan pengangkutan barang di luar komoditas berbasis konsumsi, yaitu barang modal dan juga barang kritikal untuk operasi dan jasa.

Peningkatan tersebut mungkin didorong oleh usaha memperkuat stocking atau resourcing yang kerap terganggu oleh fluktuasi akibat disrupsi berbasis Covid-19. Industri lebih memilih melakukan early stocking berbagai komoditas atau barang modal untuk jaminan proses dan luaran produksinya.

Demikian juga bagi industri jasa yang juga meresponsnya memenuhi kebutuhan untuk kepentingan suku cadang atau komponen utama bagi operasi jasanya. Upaya ini dilakukan supaya tidak terkendala proses perawatan akibat kesulitan mendapatkan komponen penting tersebut

“Karenanya kemungkinan potensi kenaikan sebesar 10-20 persen akan mungkin terjadi untuk pergerakan kontainer curah kering dan curah cair apabila lonjakan komoditas konsumsi, barang model produksi dan komoditas kritis menjadi pilihan,” imbuhnya.

Sementara untuk mengenai wilayah sumber barang, ia memperkirakan pilihan berasal dari wilayah yang tidak terlalu jauh. Dominan dari Asia atau intra Asia. Jadi dominan short-haul di Asean atau regional di Asia Timur dan Asia Utara termasuk dari wilayah Australia dan Selandia Baru.

Sementara wilayah destinasi masih didominasi wilayah hinterland wilayah konsumsi, manufaktur dan pengembangan infrastruktur di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Bali-Nusra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper