Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vakum 2 Tahun, Kapal Pelni Kembali Layani Rute Karimunjawa

Pelni kembali melayani rute Karimunjawa setelah vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Oktober 2021  |  10:22 WIB
KM Kelud mempunyai kapasitas 2000 penumpang. Rute A : Tg. Priok - Pulau Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan (PP). Rute B : Tg. Priok - Kijang - Pulau Batam - Belawan (PP).  - Antara
KM Kelud mempunyai kapasitas 2000 penumpang. Rute A : Tg. Priok - Pulau Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan (PP). Rute B : Tg. Priok - Kijang - Pulau Batam - Belawan (PP). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) siap berlayar kembali ke Karimunjawa, Jawa Tengah setelah nyaris vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Hadir dengan mengedepankan pelayaran yang aman dan nyaman sesuai protokol kesehatan, KM Lawit telah melayari rute Semarang - Karimunjawa - Semarang mulai Jumat (29/10/2021).

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT Pelni Sukendra menyampaikan bahwa perseroan telah mempersiapkan dua armadanya untuk melayani rute Karimunjawa, yaitu KM Lawit dan KM Kelimutu. Untuk KM Kelimutu direncanakan akan melayani rute Karimunjawa pada minggu ketiga November mendatang,

Sukendra menambahkan untuk keberangkatan dengan KM Lawit dengan rute Semarang - Karimunjawa - Semarang akan dilayani pada Jumat (29/10) pukul 23.59 WIB, Jumat (12/11) keberangkatan pukul 23.00 WIB, dan Jumat (26/11) keberangkatan pukul 23.00.

"Berlayarnya kembali kapal Pelni menuju Karimunjawa ini juga sebagai tindaklanjut atas audiensi yang dilakukan antara Kementerian Perhubungan, Pelni, Bupati Jepara dan dinas terkait lainnya pada beberapa pekan lalu," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (30/10/2021).

Sejak hadir pada 2016, jumlah penumpang kapal Pelni yang akan berwisata menuju Karimunjawa terus tumbuh setiap tahunnya. Dengan beroperasinya kembali dua kapal Pelnin ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi sektor perekonomian dan pariwisata di Kepulauan Karimunjawa.

Data perusahaan menunjukkan jumlah penumpang kapal Pelni menuju Karimunjawa tercatat sebesar 6.187 pelanggan pada 2016. Jumlah penumpang sempat mengalami penurunan sebesar 3,4 persen di tahun 2017 menjadi 5.974 pelanggan dan kembali tumbuh di tahun 2018 dengan jumlah penumpang mencapai 7.726 pelanggan. Selanjutnya, pada 2019 jumlah penumpang telah menyentuh angka hingga 10.717 pelanggan.

"Jumlah penumpang menuju Karimunjawa mengalami penurunan pada 2020 sejumlah 1.145 pelanggan akibat pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah daerah menyesuaikan diri dalam menerapkan kebijakan di Kepulauan Karimunjawa," jelasnya.

KM Lawit dan KM Kelimutu merupakan kapal penumpang Pelni dengan kapasitas sebesar 1.000 pax. KM Lawit melayani rute Tg. Priok - Pontianak - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Pontianak - Tg. Priok. Sedangkan KM Kelimutu memiliki rute pelayaran Surabaya - Kumai - Surabaya - Sampit - Semarang - Kumai - Semarang - Karimunjawa - Semarang - Sampit - Surabaya.

Lebih lanjut, Sukendra juga menjelaskan kepada seluruh pelanggan kapal Pelni untuk informasi lebih lanjut terkait hal tersebut dapat diperoleh melalui website resmi perusahaan www.Pelni.co.id dan sosial media @Pelni162. "Kami juga memiliki call center 162 dan layanan melalui WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pelanggan kapal Pelni," imbuhnya.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top