Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Tetap Siagakan 2 Kapal Isoter dan 4 Bandara hingga H+5 Penutupan PON XX Papua

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan KM Tidar dan KM Sirimau milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni sebagai tempat untuk isolasi terpusat (isoter) terapung.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Oktober 2021  |  11:53 WIB
Kemenhub Tetap Siagakan 2 Kapal Isoter dan 4 Bandara hingga H+5 Penutupan PON XX Papua
KM Tidar. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan KM Tidar dan KM Sirimau milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni sebagai tempat untuk isolasi terpusat (isoter) terapung.

Kedua kapal tersebut akan disiagakan hingga 20 Oktober 2021 atau H+5 penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

“Saya telah instruksikan kepada Dirjen Perhubungan Laut agar kedua kapal isoter tersebut tetap berada di Papua hingga H+5 penutupan PON XX, dan memastikan seluruh pasien yang dirawat di isoter ditangani dengan baik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip Minggu (17/10/2021).

Selain dua kapal isoter, Budi juga memerintahkan agar empat bandara, yaitu Bandara Sentani, Bandara Mozes Kilangin, Bandara Domine Eduard Osok, dan Bandara Mopah tetap bersiaga.

Hal itu, lanjutnya, merupakan bagian dari tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan PON XX di Papua. Budi berharap, kehadiran kapal-kapal tersebut dapat membantu pengendalian penyebaran Covid-19.

Sementara itu, empat bandara tersebut disiagakan untuk membantu pemulangan para atlet PON XX yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan ketat oleh pihak bandara maupun maskapai.

“Semoga pemulangan seluruh tim yang bertanding dapat berjalan dengan aman melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” imbuh Budi.

Sebagai informasi, dalam evaluasi pelaksanaan PON XX Papua, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta Menhub Budi Karya Sumadi dan para menteri lainnya untuk tetap mengawasi para peserta yang masih ada di Papua hingga h+5 setelah penutupan PON XX Papua pada 15 Oktober 2021.

Adapun, dua kapal isoter yang disiagakan Kemenhub adalah KM Tidar di Jayapura dengan kapasitas 929 bed (873 bed untuk pasien dan 56 bed untuk tenaga kesehatan). Kemudian KM Sirimau di Merauke dengan kapasitas 460 bed (449 bed untuk pasien dan 11 bed untuk tenaga kesehatan).

Untuk empat bandara yang bersiaga adalah Bandara Sentani di Jayapura, Mozes Kilangin di Timika, Domine Eduard Osok di Sorong, dan Mopah di Merauke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karantina Covid-19 PON XX 2021 PAPUA
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top