Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdagangan Luar Negeri Positif, Transaksi Ekspor-Impor Lewat BNI (BBNI) Tumbuh Pesat

PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) mencatat adanya kenaikan signifikan pada transaksi ekspor dan impor, sejalan dengan tren positif perdagangan luar negeri Indonesia.
Gedung BNI./Istimewa
Gedung BNI./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) mencatat adanya kenaikan signifikan pada transaksi ekspor dan impor, sejalan dengan tren positif perdagangan luar negeri Indonesia.

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengemukakan, volume ekspor yang diakomodasi BNI pada Agustus 2021 tumbuh 79,32 persen dibandingkan dengan Agustus 2020. Sementara itu, volume impor tumbuh 74 persen secara tahunan.

“Kegiatan ekspor ini spektakuler selama pandemi. Ini memang in line dengan pertumbuhan ekspor nonmigas yang di catatan kami tumbuh 37 persen, dan impor nonmigas tumbuh 49 persen,” kata Henry, Selasa (19/10/2021).

Henry optimistis pertumbuhan positif tersebut bisa mengerek pangsa BNI selaku lembaga pembiayaan ekspor dan impor.

Perusahaan memang telah menyiapkan sejumlah strategi peningkatan ekspor nasional, di antaranya melalui fasilitasi pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat menembus pasar ekspor.

“Dari pertumbuhan ini kami yakin market share kami akan makin besar. Saya berharap BNI menjadi pemain utama transaksi ekspor dan impor, terutama dalam mendukung eksportir baru di Indonesia,” tambahnya.

Salah satu program yang diusung BNI dalam meningkatkan kapasitas UMKM menembus pasar global adalah melalui XPora yang merupakan akronim dari ekspor dan diaspora.

Lewat program itu, BNI memberikan layanan terintegrasi bagi calon eksportir dan buyer. BNI juga mendukung terbentuknya jaringan di dalam negeri, pemberian layanan pembiayaan, transaksi digital, dan kemudahan akses informasi untuk meningkatkan peluang memasuki pasar global.

“Selama pandemi banyak pengusaha yang terdampak berkurangnya konsumen di dalam maupun luar negeri. Namun, BNI senantiasa menjadi partner setia bagi nasabah untuk mendukung meningkatkan usahanya, dan sekaligus mendorong kinerja ekspor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper