Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TPK Belawan Mulai Ekspor Impor Perdana ke Port Klang

Rute tersebut diharapkan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perdagangan, mendorong pemulihan ekonomi, serta meningkatkan aktivitas ekspor.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  11:13 WIB
Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7). - Antara/Septianda Perdana
Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7). - Antara/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA – Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola oleh Pelindo I melayani kegiatan ekspor impor perdana MV Meratus Samarinda ke Port Klang yang mengangkut sebesar 372 TEUs (twenty-foot equivalent unit).

General Manager TPK Belawan Yarham Harid mengatakan Kapal Meratus perdana ini akan melayani kegiatan ekspor impor direct call dari Port Klang Malaysia ke Belawan dan sebaliknya.

Kapal milik Meratus akan rutin berlayar setiap minggu sehingga dapat menambah jumlah kapal yang melayani kegiatan ekspor impor di TPK Belawan. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan produktivitas terminal internasional.

"Kami mendukung pelayaran Meratus ini sebagai bentuk penguatan ekspor sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi Indonesia. Dengan adanya kapal perdana milik Meratus ini diharapkan mampu mengatasi kelangkaan kapal dan kontainer untuk kegiatan ekspor sebagai imbas dari Covid-19,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (1/10/2021).

Selain itu, dia juga mengharapkan rute tersebut dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perdagangan, mendorong pemulihan ekonomi, serta meningkatkan aktivitas ekspor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi wilayah maupun nasional.

Sampai dengan Agustus 2021, TPK Belawan melayani kunjungan kapal sebanyak 566 call, internasional sebanyak 301 call, dan domestik sebanyak 265 call.

TPK Belawan melayani bongkar muat peti kemas baik internasional maupun domestik sebanyak 766.795 TEUs sampai dengan Agustus 2021. Angka ini tumbuh 3,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020 yang sebanyak 738.607 TEUs.

Komoditas unggulan yang dilayani di TPK Belawan meliputi produk turunan crude palm oil (CPO), hasil perkebunan dan pertanian.

Dalam melayani bngkar muat peti kemas, TPK Belawan memastikan kesiapan alat, SDM, serta kemudahan layanan dalam penggunaan sistem/teknologi sehingga dapat memberikan bongkar muat peti kemas yang efisien serta menciptakan customer experience yang baik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor pelindo i pelabuhan belawan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top