Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Seputar Hari Kapas Sedunia, Apa Pentingnya?

Simak fakta-fakta seputar hari kapas sedunia yang digelar oleh WTO pada 7 Oktober mendatang.
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 28 September 2021  |  13:44 WIB
Ilustrasi kapas untuk bahan dasar katun - Bisnis
Ilustrasi kapas untuk bahan dasar katun - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Hari Kapas Sedunia (World Cotton Day/WCD) yang pertama telah diselenggarakan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Jenewa, Swiss pada (7/10/2019). Apa pentingnya?

Hari kapas internasional bertujuan untuk merayakan keunggulan kapas. Mulai dari kualitasnya sebagai serat alami hingga manfaat yang diperoleh orang dari produksi, transformasi, perdagangan, dan konsumsinya.

Hari Kapas Sedunia juga bertujuan untuk menyoroti tantangan yang dihadapi oleh ekonomi terkait komoditas kapas. Pasalnya, kapas sangat penting bagi ekonomi yang paling tidak berkembang, berkembang, dan berkembang di seluruh dunia.

Simak fakta-fakta seputar hari kapas sedunia yang dilansir dari jagranjosh.com, Selasa (28/9/2021).

1.Objektif

Hari Kapas Sedunia bertujuan untuk:
- Memberikan paparan dan pengakuan kepada kapas dan semua pemangku kepentingannya dalam produksi, transformasi, dan perdagangan.
- Libatkan donor, penerima manfaat dan perkuat bantuan pembangunan untuk kapas.
- Mencari kerjasama baru dengan investor dan sektor swasta untuk industri dan produksi terkait kapas di negara berkembang.
- Mempromosikan kemajuan teknologi serta penelitian dan pengembangan lebih lanjut tentang kapas.

2. Sorotan Utama

Acara Hari Kapas Sedunia mencakup konferensi mitra di mana para mitra pembangunan membahas proyek baru tentang produk sampingan kapas dan inisiatif pembangunan lainnya.

Diselenggarakan pula kontes foto untuk mendorong fotografer dari seluruh dunia mengirimkan pesan kuat yang mendasari pentingnya kapas. Selain itu, ada peragaan busana yang menampilkan busana katun dan desainer dari berbagai belahan dunia, khususnya di Afrika.

Acara ini juga mencakup pameran kapas di mana Handloom Export Promotion Council (HEPC), Cotton Corporation of India (CCI), TEXPROCIL dan NIFT India mendirikan kios mereka. Cotton Corporation of India menampilkan berbagai kelas kapas mentah termasuk SUVIN, kualitas terbaik dari kapas stapel ekstra panjang yang diproduksi di Tamil Nadu, yang memiliki panjang serat tertinggi.

3. Signifikan

Hari Kapas Sedunia menyediakan platform bersama bagi komunitas internasional dan sektor swasta untuk berbagi pengetahuan dan memamerkan aktivitas dan produk terkait kapas. Hari Kapas Sedunia akan dirayakan di seluruh dunia setiap tahun.

Mengapa kapas begitu penting?
Kapas diproduksi di seluruh dunia dan satu ton kapas menyediakan lapangan kerja sepanjang tahun untuk rata-rata lima orang.

Tanaman kapas sangat cocok untuk daerah dengan iklim kering. Secara keseluruhan, kapas hanya menempati 2,1 persen dari lahan subur dunia, namun memenuhi 27 persen kebutuhan sektor tekstil dunia. Sementara serat kapas digunakan dalam tekstil dan pakaian jadi, produk makanan seperti minyak nabati diperoleh dari kapas dan bijinya digunakan sebagai pakan ternak.

Latar belakang

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyelenggarakan acara Hari Kapas Sedunia atas permintaan empat negara kapas, yakni Burkina Faso, Benin, Chad dan Mali untuk mengakui permohonan mereka kepada PBB untuk menetapkan 7 Oktober sebagai Hari Kapas Sedunia.

WTO menyelenggarakan acara Hari Kapas Sedunia bekerjasama dengan sekretariat United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), United Nations Food and Agriculture Organization (FAO), International Cotton Advisory Committee (ICAC) dan International Trade Center (ITC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapas komoditas perkebunan WTO
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top