Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendag Targetkan Implementasi IE-CEPA Awal November 2021

total ekspor Indonesia ke pasar blok dagang Eropa tersebut pada 2020 mencapai US$ 3,4 miliar dengan neraca surplus bagi Indonesia sebesar US$1,6 miliar.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 September 2021  |  17:42 WIB
Kemendag Targetkan Implementasi IE-CEPA Awal November 2021
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan menargetkan implementasi kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Parthership (IE-CEPA) bakal efektif berlangsung pada 1 November 2021.  

Rencana itu terungkap saat Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga membuka kegiatan sosialisasi hasil-hasil perundingan Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) di Cirebon, Kamis (16/9/2021). 

“Ada 23 perjanjian dagang yang sudah ditandatangani yang sudah masuk ke tahap ratifikasi dan implementasi, salah satunya IE-CEPA,” kata Jerry. 

Ihwal pakta dagang itu, Jerry mengatakan Indonesia bakal diuntungkan karena barang ekspor ke Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein bakal dikenakan tarif bea masuk 0 persen. 

“Kurang lebih 8.000 produk barang-barang kita yang sampai ke sana itu tarifnya nol persen. Itu kemudahan, efesiensi dari segi ongkos pembiayaan dan praktis buat pengusaha ini momen yang bagus,” kata dia. 

Akses pasar tersebut mencakup penghapusan 8.100 pos tarif  di Islandia yang setara dengan 99,94 persen impor negara tersebut dari Indonesia dan juga penghapusan 6.338 pos tarif produk Indonesia yang dikirim ke Norwegia.

Adapun untuk Swiss dan Liechtenstein, kedua negara akan menghapus 7.042 pos tarif untuk produk Indonesia yang setara dengan 99,65 persen nilai impor dari RI.

Diketahui, total ekspor Indonesia ke pasar blok dagang Eropa tersebut pada 2020 mencapai US$ 3,4 miliar dengan neraca surplus bagi Indonesia sebesar US$1,6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa ekspor impor cepa
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top