Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal KPR DP Nol Persen, Bank Mandiri: Tidak Banyak yang Pakai

Debitur Bank Mandiri hanya sedikit yang memanfaatkan kebijakan DP nol persen. Pasalnya mereka khawatir besaran cicilan akibat mengambil KPR tanpa uang muka.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 15 September 2021  |  21:25 WIB
Soal KPR DP Nol Persen, Bank Mandiri: Tidak Banyak yang Pakai
Bangunan hunian DP Rp0 yang berada di Klapa Village, Jakarta. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pembelian rumah sepanjang 2021 sebagian besar berasal dari pembeli rumah pertama untuk rumah baru. 

EVP Consumer Loans PT Bank Mandiri Tbk. (Persero) Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan pertumbuhan pencairan KPR pada 2021 mengalami pertumbuhan yang lebih baik. 

Meskipun di tahun 2021 banyak terjadi pengetatan, namun masih banyak yang membeli rumah dan berani untuk mengambil kredit. 

Adapun pemberian kredit diberikan kepada calon pembeli yang memiliki kapabilitas dan intensi yang serius dalam membeli rumah. 

"Jadi di sepanjang 2021 untuk pemberian kredit kepada first home buyer, rumah baru tumbuh 20 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/9/2021). 

Adapun tren dari first home buyer, lanjutnya, ketika DP telah selesai dan telah dilakukan akad kredit kemudian para pembeli ini langsung menghuni rumah tersebut. 

Terkait dengan DP 0 persen, Ignatius menuturkan tidak banyak calon pembeli yang memanfaatkan DP 0 persen. Hal itu dikarenakan apabila diberikan DP 0 persen maka akan berdampak pada angsuran bulanan yang menjadi besar.

"Jadi enggak banyak yang memanfaatkan DP 0 persen hanya 2 persen hingga 3 persen dari total penyaluran kredit. Mereka enggak mau karena jangan sampai DP 0 persen ini membuat angsuran menjadi besar. Lagi pula pengembang pun banyak memberikan cicilan DP dari 6 kali hingga 12 kali," tuturnya

Sementara itu, Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan tidak sedikit calon konsumen properti yang belum dapat merasakan manisnya rumah DP nol persen. Pengajuan KPR maupun KPA para calon konsumen pembeli rumah terhadang sejumlah masalah. Salah satunya karena tidak tetapnya pekerjaan atau gaji bulanan konsumen menjadi kendala terbesar untuk mendapatkan KPR atau KPA dan DP nol persen. 

"Dari 432 responden Rumah.com Consumer Sentiment Study (CSS) yang belum punya rumah, lebih dari setengahnya mengaku terhambat oleh masalah ini," ujarnya, Rabu (15/9/2021). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti kpr bank mandiri dp nol rupiah
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top