Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shipper Siapkan Lima Gudang untuk Industri UMKM Halal

Shipper Indonesia menyiapkan lima gudang di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi untuk mendukung gerakan Sinergi Akselerasi Industri UMKM Halal.
Ilustrasi gudang. Dok. Istimewa
Ilustrasi gudang. Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Shipper Indonesia kini bergabung bersama 12 instansi dan perusahaan lain dalam gerakan Sinergi Akselerasi Industri UMKM Halal agar berdaya saing, menguntungkan dan berkelanjutan, serta membentuk lingkungan bisnis yang kondusif dan mempercepat sertifikasi halal bagi pelaku UMKM industri halal.

Co-Founder dan COO Shipper Indonesia Budi Handoko mengatakan salah satu bentuk sinergi yang akan dilakukan Shipper bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) adalah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai sertifikasi halal kepada pelaku UMKM yang menjadi mitranya selama ini.

Menurutnya, peningkatan permintaan produk halal yang mencakup produk makanan, minuman, hingga kosmetik telah mendorong kebutuhan akan ekosistem logistik halal.

"Dalam upayanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini Shipper telah mengoperasikan 5 gudang yang telah memenuhi kriteria halal di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi," ujar Budi, Rabu (25/8/2021).

Dia menyebut kegiatan operasional gudang-gudang tersebut telah mengacu kepada standar halal dimana kelengkapan dan kebersihan fasilitas diperhatikan secara seksama.

Lebih lanjut Budi berharap dengan bergabungnya Shipper dalam Gerakan Sinergi Akselerasi UMKM industri halal ini akan memperkuat kerja sama dan dukungan di antara para pemangku kepentingan sehingga dapat memberikan manfaat sekaligus mempercepat upaya UMKM industri halal untuk naik kelas.

Industri halal, sambung dia, merupakan peluang yang besar bagi sektor logistik dalam negeri untuk memberikan nilai tambah bagi UMKM lokal dan konsumen, yakni dengan menjamin kehalalan produk hingga sampai ke tangan konsumen.

"Dengan mengusung sistem gudang digital, barang yang diterima dan diproses di gudang hingga proses pengiriman bisa terjaga kondisinya, termasuk untuk produk-produk halal," tambahnya.

Sebagai informasi, dalam tahap pertama ini, Gerakan Sinergi Akselerasi UMKM Industri Halal diikuti oleh 13 lembaga perusahaan baik swasta dan pemerintah yang bersedia menjadi pilot project mengakselerasi UMKM Industri Halal, diantaranya Badan Layanan Umum Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Bank Syariah Indonesia (BSI), BliBli dan UKM Center FEB UI.

Ke-13 pihak telah menetapkan 28 bentuk sinergi untuk memperkuat UMKM Industri Halal naik kelas dan juga memperkuat bisnis masing-masing pihak, yang pada akhirnya mengekspansi pertumbuhan dan pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper