Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Upaya Pengusaha Sapu Gelombang Pandemi dan Segala Hambatannya

Pemerintah telah mencatat dan menyadari banyaknya laporan kasus pailit di tengah pandemi Covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. /Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. /Youtube Sekretariat Presiden RI

Ada 480 Kasus Pailit

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mendapatkan laporan 480 kasus pailit dan PKPU di pengadilan baik di Jakarta, Surabaya, dan daerah lain. Pemerintah, kata Airlangga, melihat adanya moral hazard karena persyaratan yang mudah.

"Jadi kami akan melihat plus minusnya, karena ini juga produk hasil fast track restrukturisasi dari krisis 1998 sebagai bagian dari ease of doing business dengan kemudahan exit. Kami akan kaji karena ini tidak hanya dimanfaatkan debitur tetapi juga kreditur sebagai aksi korporasi," kata politikus Partai Golkar ini dalam Rakerkorans Apindo, Selasa (24/8/2021).

Adapun terkait situasi pandemi pemerintah melakukan monitoring dalam jangka waktu tahunan. Perhitungan pemulihan pandemi dengan syarat tidak adanya varian baru lagi akan terjadi dalam waktu setahun ke depan.

Apalagi menghitung dari pertumbuhan ekonomi kuartal II/2021 yang sudah di level keluar dari resesi atau 7,07 persen, maka akan sulit mengakomodir usulan perpanjangan restrukturisasi dengan jangka tiga tahun ke depan.

"Juga menimbang pada kuartal II/2021 lalu tanpa varian delta negara-negara lain juga sudah mengalami pemulihan. Apalagi restrukturisasi merupakan hal unik yang berbeda dari satu korporasi dengan korporasi lain tergantung dengan posisi bank," kata Airlangga.

Secara keseluruhan, Airlangga meminta dunia usaha untuk terus bergotong royong memulihkan ekonomi agar segera keluar dari pandemi dan cita-cita menjadi negara dengan penghasilan per kapita lebih dari US$10.000 dapat tercapai.

Menurutnya saat ini indikasi pemulihan ekonomi mulai terlihat. Namun dalam jangka panjang, prosesnya akan sangat tergantung dengan penanganan pandemi Covid-19.

Dia pun optimistis, saat ekonomi pulih, Indonesia akan cepat bangkit. Hal ini terlihat dari minat investor di tengah pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan investasi sebesar Rp900 triliun. Sepanjang semester I/2021, realisasinya telah mencapai Rp442,8 triliun atau hampir 50 persen dari target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Digugat Pailit
Halaman Selanjutnya
Nestapa Teksil
Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper