Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkeu Akui Sulit Sampaikan Informasi Teknis PPKM Level 4 ke Masyarakat

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan memberikan informasi teknis terkait PPKM Level 4 tidak mudah.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Agustus 2021  |  16:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah harus bekerja ekstra untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait Covid-19. Salah satunya mengenai pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

“Menjelaskan PPKM level 4 saja ke masyarakat yang teknis luar biasa tidak mudah karena masyarakat harus tahu level 4 itu apa, konsekuensinya apa, dihitungnya bagaimana, dan sumber datanya darimana sehingga mereka tahu apa dampaknya,” katanya pada webminar, Selasa (3/8/2021).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa menerangkan kepada publik yang tidak selalu memiliki kapasitas memahami fakta dan data terkait kebijakan teknis menjadi tantangan tersediri.

“Keterbukaan saja tidak mencukupi. Bahkan kita harus bekerja jauh lebih keras lagi untuk menjelaskan,” paparnya.

Elemen negara, tambah Sri Mulyani, harus melakukan berbagai cara inovatif. Kadang dengan bukti, ilustrasi, bahkan demonstrasi.

“Kalau hanya mengatakan kita ada website juga tidak ada gunaanya. Karena orang dapatnya dari WhatsApp grup. Ini yang kita hadapi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menuturkan bahwa keterbukaan informasi dengan menyampaikan data dan fakta saja tidak cukup. Penjelasan lebih dalam sangat diperlukan.

“Di saat yang sama, masyarakat juga terus digerojoki informasi tandingan dari berbagai sumber yang sering tidak selalu akurat atau bahkan sengaja ingin menyesatkan,” terangnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani keterbukaan informasi Covid-19 PPKM
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top