Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

CPO untuk Biodiesel, Pertamina Minta Harga Khusus

Penetapan harga yang tidak perlu mengacu pada patokan dunia juga disebabkan karena CPO tersebut nantinya diperuntukan bukan untuk produk olahan, melainkan sebagai energi primer dalam negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Juli 2021  |  15:59 WIB
CPO untuk Biodiesel, Pertamina Minta Harga Khusus
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20 - Reuters/Mike Blake
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) mengusulkan agar penetapan harga crude palm oil atau CPO yang digunakan untuk kebutuhan biodiesel tidak mengikuti acuan dunia, mengingat penggunaannya untuk kebutuhan energi di dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa diperlukan solusi yang mampu menekan biaya produksi untuk membuat biodiesel lebih kompetitif dibandingkan dengan bahan bakar fosil konvensional.

“Terobosan yang harus kami lakukan, kalau CPO digunakan sebagai bahan baku energi maka penetapan harganya tidak perlu mengikuti harga pasar CPO dunia, karena ini produksi kita dan akan diproduksi biofuel di Indonesia,” katanya dalam acara Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/3/2021).

Menurutnya, penetapan harga yang tidak perlu mengacu pada patokan dunia juga disebabkan karena CPO tersebut nantinya diperuntukan bukan untuk produk olahan, melainkan sebagai energi primer dalam negeri.

Pertamina sendiri telah memulai proses integrasi dari hulu hingga ke hilir untuk pembuatan biodiesel, sehingga pengolahannya menjadi lebih efisien.

Saat ini, Pertamina menggandeng PT Perkebunan Nusantara (PTPN) untuk memenuhi kebutuhan CPO yang akan diolah menjadi biodiesel.

“Jadi bukan lagi Pertamina membeli CPO dan diproses, tapi dari rantai pasok mana yang bisa kami sinergikan agar lebih efisien,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina cpo Biodiesel
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top