Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Bilang Harga Minyak dan Energi Alternatif Jadi Tantangan APBN 2022

Sri Mulyani menjelaskan di dalam Rapat Paripurna DPR RI bahwa harga minyak yang meningkat juga memberi risiko bagi besaran subsidi energi yang akan memengaruhi postur APBN.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  12:59 WIB
Ilustrasi energi terbarukan dari tenaga angin - Reuters
Ilustrasi energi terbarukan dari tenaga angin - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa tingkat kewaspadaan harus tinggi, terutama pada fluktuasi harga minyak mentah dunia.

Kondisi ini akan berpengaruh pada inflasi yang bermuara pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sehingga bakal terus dipantau.

“Arah pergerakan harga minyak mentah dunia saat ini, masih cenderung meningkat. Ini akan memberikan dampak yang positif pada penerimaan minyak dan gas,” katanya saat menyampaikan pandangan pemerintah terhadap fraksi terkait kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) 2022, Senin (31/5/2021).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa harga minyak yang meningkat juga memberi risiko bagi besaran subsidi energi yang akan memengaruhi postur APBN.

Dinamika pandemi Covid-19 dia pastikan akan tetap menjadi faktor utama yang memengaruhi kondisi ekonomi global dan dinamika harga minyak dunia.

Di sisi lain, pesatnya pengembangan dan penggunaan energi alternatif akan sangat positif untuk mendukung pemulihan hijau atau green recovery.

“Namun juga perlu diwaspadai dan diantisipasi bahwa penggunaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan akan mempengaruhi harga minyak dalam jangka menengah,” jelasnya.

Sementara itu, pemerintah juga terus mewaspadai perubahan tensi geopolitik dunia. Menurut Sri Mulyani, asumsi harga minyak di tahun 2022 dalam kisaran US$55 sampai US$65 per barel mencerminkan dinamika dan ketidakpastian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn Harga Minyak sri mulyani
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top