Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Inti 0,14 Persen di April 2021, Harga Emas Penyumbang Terbesar

Penyumbang terbesar kenaikan inflasi inti adalah naiknya harga emas perhiasan karena permintaan yang meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  11:33 WIB
Emas batangan cetakan PT Aneka Tambang Tbk. Harga emas 24 karat Antam dalam sepekan terakhir mengalami lonjakan hingga menyentuh hampir Rp1 juta per gram. - logammulia.com
Emas batangan cetakan PT Aneka Tambang Tbk. Harga emas 24 karat Antam dalam sepekan terakhir mengalami lonjakan hingga menyentuh hampir Rp1 juta per gram. - logammulia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi inti pada April 2021 meningkat menjadi 0,14 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan inflasi inti tersebut memberikan andil sebesar 0,09 persen kepada keseluruhan inflasi yang tercatat sebesar 0,013 persen mtm pada April 2021.

Dia menjelaskan, penyumbang terbesar kenaikan inflasi inti adalah naiknya harga emas perhiasan karena permintaan yang meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Meningkatnya pembelian emas perhiasan menjelang Hari Raya Idulfitri mempengaruhi harga emas perhiasan di April 2021,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (3/5/2021).

Di samping itu, Setianto mengatakan kenaikan harga emas batangan juga mempengaruhi kenaikan harga emas perhiasan pada periode tersebut.

BPS mencatat kenaikan emas perhiasan terjadi di 60 kota dari 90 kota pantauan BPS, tertinggi terjadi di Pare-pare, Medan, dan Bukittinggi, dengan masing-masingnya mengalami kenaikan 3 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini Inflasi BPS
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top