Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Dilarang, KAI Wajib Kembalikan Biaya Tiket 100 Persen!

PT KAI masih menjual tiket periode 24 April-5 Mei 2021 dan periode 18-31 Mei 2021. 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 April 2021  |  17:42 WIB
KAI memasang livery khusus Ramadan di 9 lokomotif.  - KAI
KAI memasang livery khusus Ramadan di 9 lokomotif. - KAI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI diwajibkan membatalkan jadwal keberangkatan kereta penumpang pada masa peniadaan mudik 6-17 Mei 2021 dan mengembalikan biaya tiket 100 persen kepada penumpang secara tunai.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No.13/2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idulfitri 1442 dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. 

Dalam PM tersebut dikatakan bahwa larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi perkeretaapiaan mencakup perjalanan kereta api antarkota dan kereta api perkotaan.

"Larangan perjalanan kereta api antarkota dilaksanakan dengan ketentuan pembatalan perjalanan kereta api antarkota untuk angkutan penumpang," demikian dikutip dari PM No.13/2021, Minggu (25/4/2021).

Lebih lanjut dikatakan bahwa penyelenggara sarana transportasi kereta api harus mengembalikan biaya tiket kepada calon penumpang yang telah membeli tiket untuk perjalanan pada periode tersebut.

Adapun prosesnya dilakukan dengan, pertama, pengembalian biaya tiket 100 persen secara tunai. Kedua melakukan penjadwalan ulang untuk kelas yang sama bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket dengan tanpa dikenakan biaya tambahan, atau melakukan perubahan rute bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket.  

"Pengembalian biaya tiket dilakukan paling lama 30 hari sejak calon penumpang mengajukan permohonan pengembalian. Penjadwalan ulang dan perubahan rute berlaku untuk 1 bulan untuk 1 kali pemesanan ulang," lanjutan PM tersebut.

Terpisah, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan sejauh ini KAI masih menjual tiket periode 24 April-5 Mei 2021 dan periode 18-31 Mei 2021. 

Dia mengaku belum ada lonjakan aktivitas penjualan tiket di periode tersebut. Penjualan masih sekitar 20-30 persen dari jumlah tiket yang telah disediakan hingga 2 pekan menjelang larangan mudik pada 6–17 Mei 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Kemenhub Mudik Lebaran
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top