Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom BCA: Peluang Revisi ke Atas untuk Proyeksi IMF Masih Terbuka

Indonesia jauh lebih baik dalam hal vaksinasi. Saat ini, Indonesia sudah tembus 12 juta dosis. Dengan demikian, revisi proyeksi untuk Indonesia dari IMF sangat mungkin dilakukan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 08 April 2021  |  12:01 WIB
Sejumlah warga menunggu kedatangan Bus Transjakarta di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/10/2020) - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah warga menunggu kedatangan Bus Transjakarta di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/10/2020) - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Ekonom BCA David Sumual mengaku terkejut dengan revisi ke bawah yang dilakukan Dana Moneter Internasional atau IMF pada proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Seperti diketahui, IMF dalam laporannya yang dirilis bulan April ini memangkas pertumbuhan Indonesia dari 4,8 persen menjadi 4,3 persen. 

Meski begitu, dia memperkirakan IMF akan mengeluarkan kajian terbaru. Beberapa lembaga internasional termasuk IMF biasanya merilis sedikitnya dua kali dalam setahun.

“Kemungkinan bisa saja ada lagi review ke atas. Karena konsen utama yang saya perhatikan adalah program vaksinasi,” katanya melalui diskusi virtual, Kamis (8/4/2021).

David menjelaskan bahwa berdasarkan data terakhir, Indonesia jauh lebih baik dalam hal vaksinasi. Saat ini, Indonesia sudah tembus 12 juta dosis.

Dari sisi nonprodusen vaksin, Indonesia termasuk keempat terbesar di dunia setelah Brazil, Turki, dan Jerman untuk vaksin.

Oleh karena itu, David cukup optimistis pelaksanaan vaksinasi selesai sesuai target. Ini tentu dapat meningkatkan keyakinan masyarakat untuk beraktivitas sehingga membuat ekonomi menuju normal.

“Sedangkan dari sisi produsen, Indonesia juga tidak hanya dari satu produsen. Kita hampir semua produsen sudah ada kepastian pasokan dan kita harap tidak ada masalah dari sisi pasokan,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf ekonomi indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top