Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Siapkan Mitigasi Bencana Geologi untuk Angkutan Udara

Kemenhub telah mempersiapkan rencana jangka pendek hingga panjang untuk mengantisipasi dampak bencana geologi bagi sektor transportasi udara.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  18:53 WIB
Bandara Hang Nadim, Batam.  - batam/airport.com
Bandara Hang Nadim, Batam. - batam/airport.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan rencana aksi baik jangka pendek, menengah dan panjang guna mengantisipasi dampak bencana geologi berupa gempa bumi, tsunami, hingga erupsi gunung api terhadap sektor transportasi udara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan mitigasi resiko yang dilakukan oleh bandara adalah dengan meningkatkan trafik pesawat udara, pengaturan tempat parkir, front time yang lebih cepat, meningkatkan mitigasi di sektor penumpang dengan mengatur sistem antrean, hingga meningkatkan kargo.

"Pada saat terjadi bencana, kargo-kargo bencana bisa diakomodasi dengan baik," katanya dalam Rakornas Penanganan Bencana 2021 yang digelar secara daring, Kamis (4/3/3021).

Adapun untuk rencana tindak lanjutnya, Budi memerinci sejumlah aksi jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang dilakukan Kemenhub.

Pertama ujarnya, untuk rencana jangka pendek adalah berupa sosialisasi aksi get Airport Ready for Disaster (GARD) kepada operator bandara, mengidentifikasi sarana dan prasarana bandara terhadap rawan bencana, memastikan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Tim Reaksi Cepat, dan menyusun jaring komunikasi dengan instansi terkait.

"Untuk jangka menengah, kita melaksanakan pengadaan fasilitas operasi portable dan teknologi informasi," ujanya.

Adapun, untuk rencana jangka panjang, Menhub menambahkan bahwa Kemenhub meningkatkan pengembangan udara untuk mendukung pesawat udara jenis A400, memasang peralatan early warning pada bandara rawan bencana, dan dengan pengadaan fasilitas operasi portable pada kantor otoritas bandara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top