Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Angkasa Pura II Prediksi 3 Tantangan Bisnis Penerbangan Nasional

PT Angkasa Pura II memprediksi adanya tiga tantangan yang akan dilalui bisnis penerbangan nasional pada tahun ini kendati rute domestik mulai pulih.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  18:45 WIB
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengidentifikasi tiga tantangan utama yang kemungkinan dihadapi sektor penerbangan nasional di 2021.

Vice President of Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengatakan saat ini AP II tengah dalam masa recovery akibat pandemi Covid-19. Dia meyakini pemulihan pasar domestik akan berlanjut di tahun ini.

"Namun AP II mengindentifikasi dan mengantisipasi adanya tiga tantangan utama yang dihadapi sektor penerbangan nasional pada tahun ini," katanya kepada Bisnis.com, Kamis (4/3/2021).

Yado memerinci tantangan pertama yang dimaksud adalah terkait pasar penerbangan di tengah pandemi. Meski perseroan meyakini pemulihan pasar rute domestik akan berlanjut pada tahun ini, untuk rute internasional akan sangat bergantung dari kondisi terkini dan kebijakan pemerintah di masing-masing negara.

Kemudian tantangan kedua, dia menyebut berkaitan dengan skema operasional. Menurutnya, situasi pandemi akan membuat adanya upaya tambahan dari stakeholder penerbangan untuk memastikan aspek kesehatan bagi traveler, karyawan dan semua pihak.

"Meski hal ini membuat prosedur operasional semakin kompleks, namun stakeholder memahami pentingnya aspek kesehatan. Sejalan dengan itu, optimalisasi harus dilakukan di setiap lini agar operasional tetap berjalan lancar," ujarnya.

Tantangan terakhir tambah dia, adalah aspek finansial. Pada 2021, Yado menilai aspek finansial di stakeholder penerbangan akan tumbuh dibandingkan 2020 walaupun diperkirakan masih di bawah 2019 saat dunia belum dilanda pandemi Covid-19.

"Dalam menghadapi tiga tantangan itu AP II telah menetapkan program pemulihan bisnis dengan tema REFOCUS 2021 yang merupakan akronim dari Recovering The Business Rapidly, Fostering The Operational Leadership, dan Digitalizing Customer Experience," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top