Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalan Tol Serpong-Pamulang Beroperasi Kuartal Kedua Tahun Ini

Hingga 23 Februari 2021 secara keseluruhan progres konstruksi jalan tol Serpong—Cinere telah mencapai 93,93 persen, sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 98,72 persen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  14:31 WIB
Proses eksekusi tanah di ruas tol Cinere-Serpong di Jalan Raya Ciputat Serpong pada Selasa (5/2/2020). - Bisnis/Hendri T. Asworo
Proses eksekusi tanah di ruas tol Cinere-Serpong di Jalan Raya Ciputat Serpong pada Selasa (5/2/2020). - Bisnis/Hendri T. Asworo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), optimistis Seksi 1 jalan tol Cinere-Serpong bisa beroperasi pada awal triwulan II tahun ini mengingat konstruksi yang telah rampung.

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menjelaskan, hingga 23 Februari 2021 secara keseluruhan progres konstruksi jalan tol Serpong—Cinere telah mencapai 93,93 persen, sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 98,72 persen.

“Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong—Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21 persen dan progres konstruksinya telah rampung 100 persen, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan Jalan Samping atau frontage road. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang—Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35 persen dan progress konstruksi mencapai 78,90 persen," kata Ayu melaluiketerangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Dia optimistis Seksi 1 Serpong—Pamulang dapat beroperasi lebih awal, yang ditargetkan pada awal triwulan II/2021. Tentu saja dalam dalam memasuki tahap pengoperasian, PT CSJ juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat untuk selanjutnya dapat menjalani tahap uji laik dan fungsi jalan tol Serpong—Cinere.

“Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong—Pamulang akan terhubung dengan jalan tol Kunciran—Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere,” ujarnya.

Jalan tol Serpong—Cinere masuk ke dalam jaringan jalan tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 km. jalan tol ini terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 Serpong—Pamulang sepanjang 6,59 km dan Seksi 2 Pamulang—Cinere sepanjang 3,55 km.

Jalan tol ini akan memiliki total empat gerbang tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara jalan tol JORR II dan jalan tol Serpong—Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.

Dengan hadirnya jalan tol Serpong—Cinere diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas tol Serpong—Kunciran).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jalan tol serpong-cinere

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top