Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Klaim Pasar Uang Membaik. Ini Tanda-Tandanya

Salah satu tandanya adalah aliran modal asing meningkat pada Januari sebesar US$53,5 miliar untuk emerging market (EM) secara keseluruhan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  14:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim bahwa kondisi pasar keuangan Indonesia cukup baik di awal tahun 2021. Kondisi ini didukung dengan stabilitas lingkungan global yang trennya positif.

“Aliran modal asing meningkat pada Januari sebesar US$53,5 miliar untuk emerging market [EM] secara keseluruhan,” katanya melalui konferensi pers virtual, Selasa (23/2/2021).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa realisasi ini merupakan inflow yang tertinggi ke EM apabila dibandingkan pada Desember yang turun 16,56 persen secara bulanan. Jika dibandingkan pada Januari tahun lalu tumbuh 85,12 persen.

Sementara itu, indeks bursa EM secara umum meningkat seiring mengalirnya modal asing ke EM. Kemudian, persepsi risiko yang ditunjukkan credit default swap (CDS) beberapa EM menunjukkan tren menurun dan relatif stabil.

Hal tersebut dipengaruhi oleh persepsi risiko global yang menurut dan juga optimisme terhadap program vaksinasi.

“Terjemahannya adalah nilai tukar terapresiasi bursa saham mengalami penguatan. Karena ini biasanya dalam bentuk capital inflow yang jangka pendek. Positif namun harus tetap dijaga,” kata Sri Mulyani.

Arah positif tersebut, terang Sri Mulyani, terlihat jelas dalam indeks bursa dari EM. India sangat tinggi. Ini juga terjadi pada negara tetangga seperti Shanghai dan Filipina.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa saham sri mulyani emerging market pasar keuangan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top