Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah, Ada Pameran Sepeda Lokal di Stasiun Gambir

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) sebagai salah satu upaya memajukan perekonomian melalui penggunaan produk dalam negeri dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  12:02 WIB
Viar Panama. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia juga akan digelar di Stasiun Gambir, Jakarta.  - Viar
Viar Panama. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia juga akan digelar di Stasiun Gambir, Jakarta. - Viar

Bisnis.com, JAKARTA — Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) menggelar pameran sepeda buatan dalam negeri dan UMKM di Stasiun Gambir hingga 31 Januari 2021.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia ini dibuka secara resmi pada Minggu (17/1/2021) secara daring dan luring.

Turut hadir meresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koperasi Teten Masduki, serta jajaran manajemen IPC.

Pameran produk produsen sepeda dalam negeri dan UMKM yang berlangsung hingga 31 Januari 2021 di Stasiun Gambir tersebut dirangkai dengan bersepeda bersama, soft launching coaching clinic keselamatan, serah terima fasilitas parkir sepeda, talkshow, dan kontes modifikasi sepeda.

IPC memeriahkan pameran ini dengan memamerkan UMKM binaan IPC berupa produk kerajinan wayang kulit dan aneka kerajinan kulit lainnya.

“Hal ini merupakan bentuk upaya IPC untuk turut mendorong geliat perekonomian bangsa dengan mengutamakan para pengusaha dalam negeri dan UMKM yang memproduksi produk-produk buatan Indonesia yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing di pasaran,” ujar Ari Santoso, EVP Sekretariat Perusahaan IPC melalui siaran pers, Senin (17/1/2021).

Sebelumnya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 diluncurkan untuk mengajak masyarakat membeli dan menggunakan produk lokal buatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pekan lalu peluncuran Gernas BBI dilakukan di tiga tempat yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Yogyakarta International Airport, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan rasa bangga dan mau menggunakan produk lokal merupakan bentuk perjuangan bangsa yang bisa dilakukan saat ini.

"Saya juga senang kita semua mulai tidak hanya bicara, tidak hanya omong, tapi kita juga betul-betul membeli, menggunakan produk-produk anak bangsa kita. Untuk merealisasikan bentuk perjuangan ini, mari dukung dengan memesan dan berbelanja produk artisan Indonesia yang saat ini sudah dipermudah melalui pembelanjaan secara digital," katanya

Luhut pun mengimbau para pejabat pemerintah untuk bisa menjadi duta (brand ambassador) produk lokal untuk bisa mendukung UMKM.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kelangsungan usaha produk lokal perlu ditopang dengan meningkatkan daya beli masyarakat. Oleh karena itu kampanye Bangga Buatan Indonesia diharapkan dapat mendorong national branding produk lokal unggulan.

"Sehingga menciptakan industri baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Budi.

Budi mengatakan, selain diluncurkan secara serentak di tiga bandara, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia juga digelar di Stasiun Gambir, Jakarta.

"Nanti kita akan kombinasikan dengan produk yang ada hubungannya dengan transportasi yaitu sepeda, sepeda listrik, dan motor yang merupakan kreasi millenial yang sangat membanggakan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran dagang stasiun gambir Sepeda Nasional
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top