Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Bocoran Sosok CEO SWF dari Luhut

CEO sovereign wealth fund telah melalui berbagai penilaian yang dilakukan oleh pemerintah
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 17 Januari 2021  |  18:25 WIB
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia.  - ANTAR
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia. - ANTAR

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan calon chief executive officer (CEO) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau sovereign wealth fund (SWF).

“Saya pikir CEO dikelola oleh anak muda berkisar 40 tahun. Kalau dewan pengawas [SWF] oleh senior, CEO oleh anak muda,” ujarnya melalui diskusi virtual, akhir pekan lalu.

Luhut menjelaskan bahwa LPI sangat fundamental bagi perekonomian Indonesia. Melalui Undang Undang (UU) 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah tengah merampungkan aturan turunan soal SWF dan ditargetkan selesai pada Februari mendatang.

“CEO SWF akan diumumkan Presiden Joko Widodo minggu depan,” jelasnya.

Luhut menuturkan bahwa CEO SWF bukan orang biasa. Dia telah melalui berbagai penilaian yang dilakukan pemerintah.

Pemilihan pun diakui Luhut dilakukan secara terbuka dan dikonsultasikan dengan lima institusi besar yang ditunjuk penasehat SWF. Tiga di antaranya adalah United States International Development Finance Corporation, Abu Dhabi Investment Authority, dan Japan Bank for International Cooperation.

“[Calon CEO SWF] diwawancara mereka sehingga kita dapat orang yang kredibel untuk lakukan tugas ini,” jelasnya.

Berdasarkan UU Cipta Kerja, LPI terdiri atas dewan pengawas dan direktur. Dewan direktur berjumlah lima orang dari unsur profesional. Mereka diangkat dan diberhentikan oleh dewan pengawas.

Sementara itu, dewan pengawas berjumlah lima orang. Mereka terdiri atas tiga orang sebagai profesional dan Menteri Keuangan merangkap ketua juga anggota serta Menteri BUMN sebagai anggota.

Presiden sebelumnya telah mengirim tiga nama dewan pengawas ke Dewan Perwakilan Rakyat. Setelah ada pembahasan dari legislatif, Jokowi dapat menetapkan dewan pengawas SWF.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan cipta kerja SWF Indonesia
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top