Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adhi Commuter Properti Terus Ekspansi, Ini Deretan Proyeknya

Adhi Commuter Properti melihat prospek bisnis properti tahun ini tetap menjanjikan, sehingga tetap meneruskan ekspansi dan menyiapkan sejumlah proyek baru serta tetap fokus pada properti TOD di Jabodetabek.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  13:56 WIB
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. - Istimewa
Salah satu proyek Adhi Commuter Properti. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Adhi Commuter Properti (ACP) segera me-launching dua produk properti high-rise terbaru yakni LRT City Cibubur dan Oase Park.

Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti (ACP) Rizkan Firman melalui keterangan tertulis pada Jumat (15/1/2021) menjelaskan LRT City Cibubur dengan pengembangan awal sekitar 5 hektare terintegrasi langsung dengan Stasiun LRT Harjamukti di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, Oase Park merupakan member of LRT City seluas 5,2 ha yang bekerja sama dengan Perum PPD untuk transit oriented development (TOD) berbasis transportasi Bus TransJakarta, dengan lokasi yang terhubung langsung dengan pool dan shuttle bus PPD Transjakarta Ciputat, Kota Tengerang Selatan, Provinsi Banten.

Selain kedua proyek baru itu, ada pula pengembangan kawasan Adhi City Sentul tahap 2 yang bekerja sama dengan PT Sigma Eltra Propertindo berupa township development di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kawasan yang akan dikembangkan secara bertahap ini total akan seluas 120 ha, dengan tahap pertama yang mulai dikembangkan pada akhir 2020 seluas 50 ha.

Rizkan menambahkan bahwa anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) itu menatapo bisnis properti dengan optimistis, didukung dengan hadirnya vaksinasi pada Januari tahun ini sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Dia mengutarakan kereta ringan (LRT) Jabodebek yang ditargetkan selesai dan beroperasi pada 2022 juga menjadi salah satu katalis untuk meningkatkan kinerja ACP pada 2021.

Rizkan memproyeksikan permintaan terhadap proyek-proyek ACP meningkat seiring dengan kebijakan suku bunga acuan BI berada di level 3,75 persen dan rasio nilai pinjaman (LTV) untuk pembiayaan properti sebesar 5 persen mempermudah calon pembeli properti untuk menggunakan KPA/KPR.

Dia juga melihat pengesahan UU Cipta Kerja yang mengizinkan warga negara asing (WNA) memiliki hak milik atas properti berupa apartemen atau rumah susun pun menjadi katalis positif.

“Ditambah pula proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka 4 hingga 5 persen, sehingga PT Adhi Commuter Properti yakin kinerja perusahaan semakin terdongkrak di tahun ini,” ujar Rizkan.

Banyaknya stimulus yang mendukung industri properti, menurutnya, merupakan momentum bagi ACP untuk melakukan langkah strategis di tengah pandemi.

“ACP melakukan mitigasi pandemi dengan menerapkan strategi digital marketing dalam kegiatan pemasaran dan penjualan. Selain itu, ACP memperbanyak mitra agen penjualan dalam mendukung progres penjualan unit di setiap proyek, serta menawarkan kemudahan pembayaran uang muka dan diskon menarik untuk konsumen,” paparnya.

Terlebih lagi, lanjutnya, ACP memberikan stimulus biaya KPA sehingga konsumen tinggal melengkapi dan mengumpulkan dokumen untuk akad kredit. Bank BUMN dan swasta yang bekerja sama dengan ACP adalah BNI, BRI, Mandiri, BTN, dan CIMB Niaga.

ACP, kata Rizkan, berkonsentrasi untuk mencapai target pengembangan dan penjualan pada 2021 setelah berhasil melaksanakan serah terima unit kepada konsumen yakni LRT City Bekasi – Eastern Green, LRT City Jatibening Tahap 1, LRT City Sentul Tahap 1, dan LRT City MTH pada 2020.

“Target untuk 2021 adalah rencana serah terima proyek Cisauk Point Tahap 1 dan Adhi City Sentul Tahap 1. Kemudian, Proyek LRT City Bekasi – Green Avenue saat ini dalam tahap pekerjaan pondasi. Sementara itu, proyek LRT City Tebet memasuki progres pekerjaan basement,” ujarnya.

Rizkan menambahkan untuk proyek LRT City Ciracas tahap 1 pun telah memasuki tahap pekerjaan struktur lantai atas, dengan target topping off tower apartemen pada Agustus 2021. Sedangkan, untuk proyek Grand Central Bogor akan dimulai pada kuartal II/2021 dengan progres terkini berupa bangunan ruko sudah mencapai tahap finishing.

Dia memaparkan dari seluruh proyek ACP pada 2020 yang meliputi 10 proyek terdiri LRT City MTH, LRT City Sentul, LRT Bekasi – Eastern Green, LRT City Bekasi – Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City Ciracas, LRT City Tebet, Cisauk Point – Member of LRT City, Adhi City Sentul dan Grand Central Bogor telah mencapai target yang membanggakan yakni realisasi penjualan tercapai 100 persen dari target.

“Pada 2021, ACP menargetkan realisasi penjualan lebih dari Rp1,3 triliun dan berencana melakukan aksi korporasi yaitu penerbitan obligasi pada April serta IPO pada akhir tahun ini,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa melihat pesatnya perkembangan infrastruktur di Indonesia, ACP berencana ekspansi ke beberapa kota besar di Indonesia yang memiliki rencana pembangunan transportasi massal seperti Bandung, Medan, dan Surabaya.

“Tentu saja, proyek tersebut sejalan dengan visi perusahaan, yakni hunian berkonsep TOD. Namun, saat ini kami masih memfokuskan pada pengembangan di Jabodetabek,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti transit oriented development Adhi Commuter Properti
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top