Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Segmen Lain Turun, Rumah Rp1 Miliar Hingga Rp2 Miliar Naik

Penjualan rumah dengan harga berkisar Rp1 miliar hingga Rp2 miliar sepanjang tahun lalu ternyata mengalami peningkatan di tengah kondisi segmen hunian lainnya menurun akibat tekanan pandemi Covid-19.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  00:46 WIB
Perumahan di Padasuka Atas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,/Bisnis.com - Rachman
Perumahan di Padasuka Atas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,/Bisnis.com - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan segmen rumah dengan harga Rp1 miliar hingga Rp2 miliar sepanjang tahun lalu ternyata meningkat hingga 12,5 persen dibandingkan dengan 2019, demikian hasil riset Indonesia Property Watch.

CEO IPW Ali Tranghanda mengemukakan peningkatan segmen itu merupakan satu-satunya yang mengalami peningkatan di tengah anjloknya pasar perumahan sepanjang 2020 akibat tekanan pandemi Covid-19.

Dia menyebutkan pasar perumahan sepanjang 2020 di Jabodebek–Banten sebagai benchmark nasional anjlok 31,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada 2019.

Ali menuturkan penjualan segmen harga di bawah Rp300 juta mengalami tekanan terbesar dengan penurunan sepanjang 2020 sebesar 42,9 persen, diikuti segmen rumah di harga lebih dari Rp2 miliar yang anjlok 41,1 persen.

Sementara itu, di segmen harga menengah dari Rp301 juta hingga Rp500 juta dan segmen Rp501 juta sampai Rp1 miliar juga menurun masing-masing 34,2 persen dan 25,6 persen.

Namun, penjualan segmen harga rumah Rp1 miliar hingga Rp2 miliar pada tahun lalu justru meningkat 12,5 persen dibandingkan dengan 2019.

Dia menambahkan untuk tahun ini, dengan beberapa faktor risiko dan kondisi penuh ketidakpastian kita masih berharap banyak pasar properti akan tumbuh.

Ali mengatakan kondisi 2021 akan sangat menantang bagi para pelaku pasar properti nasional. Namun, lanjutnya, saat pandemi mereda, pasar properti akan naik secara eksponensial karena potensi permintaan yang tertunda masih sangat besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti perumahan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top