Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Covid-19, Konsumsi BBM Tahun Ini Bisa Pulih

Konsumsi BBM pada tahun ini diyakini bisa kembali pulih usai adanya kepercayaan diri masyarkat dalam melakukan aktivitas sejalan dengan vaksinasi Covid-19.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  20:40 WIB
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta mencatat kenaikan konsumsi BBM selama periode libur panjang akhir pekan yang berlangsung pada 28 Oktober/1 November 2020. (Foto: Istimewa)
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta mencatat kenaikan konsumsi BBM selama periode libur panjang akhir pekan yang berlangsung pada 28 Oktober/1 November 2020. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah pada tahun lalu konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terdampak signifikan karena adanya pembatasan pergerakan masyarakat akibat Covid-19, tapi pada tahun ini kondisi itu akan cenderung membaik.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi oleh pemerintah berpotensi menjadi sinyal baik. Pasalnya, hal itu akan mendorong tingkat kepercayaan diri masyarakat dala melaksanakan aktivitas.

Menurutnya, konsumsi BBM dari sektor transportasi dan industri akan berangsur pulih secara paralel seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat.

"Ketika ekonomi mulai membaik kedua sektor tersebut umumnya aktivitasnya membaik," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (13/1/2021).

Senada, Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan konsumsi BBM pada tahun ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pasalnya, terdapat sentimen dari vaksin Covid-19 dan kebiasaan hidup baru telah menjadi rutinitas masyarakat.

Dari sisi ekonomi, dengan terpuruknya kondisi pada tahun lalu, 2021 menjadi titik balik masyarakat untuk memperbaiki ekonomi yang akan membuat adanya pergerakan yang lebih aktif.

"Harapannya konsumsi akan energi baik itu BBM maupun listrik akan meningkat dibandingkan dengan 2020 kemarin," ungkapnya.

Di lain pihak, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina Putut Andriatno belum dapat memberikan proyeksi konsumsi BBM pada tahun ini.

"Masih dihitung, karena keberhasilan vaksin berpengaruh terhadap realisasi BBM kami," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BBM
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top