Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kontraksi Penjualan Eceran November 2020 Mengecil, BI Bilang Ini Perbaikan

Dalam Survei Penjualan Eceran, BI mencatat indeks penjualan riil (IPR) pada November 2020 tumbuh -1,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), membaik dari -5,3 persen mtm pada Oktober 2020.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  10:34 WIB
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan kinerja penjualan eceran pada November 2020 tumbuh membaik secara bulanan, yang ditopang oleh sebagian besar kelompok barang.

Dalam Survei Penjualan Eceran, BI mencatat indeks penjualan riil (IPR) pada November 2020 tumbuh -1,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), membaik dari -5,3 persen mtm pada Oktober 2020.

“Perbaikan terjadi pada sebagian besar kelompok barang, dengan penjualan sandang, bahan bakar kendaraan bermotor, serta suku cadang dan aksesoris tumbuh positif,” tulis BI dalam laporannya, Selasa (12/1/2021).

Adapun secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada November 2020 masih terkontraksi dalam dengan pertumbuhan IPR yang tercactat -16,3 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), sedikit lebih dalam dari Oktober 2020 yang sebesar -14,9 persen yoy.

Kontraksi ini terjadi terutama dipengaruhi oleh kelompok peralatan informasi dan komunikasi serta perlengkapan rumah tangga lainnya yang masing-masing tercatat -36,3 persen yoy dan -27,8% yoy.

BI memperkirakan kinerja penjualan eceran pada Desember 2020 secara bulanan akan mengalami peningkatan, di mana IPR Desember 2020 diprediksi tumbuh positif sebesar 2,9 persen mtm.

Kinerja yang semakin membaik tersebut didorong oleh meningkatnya permintaan masyarakat pada saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru.

Seluruh kelompok diprakirakan mengalami pertumbuhan yang positif, utamanya pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi serta perlengkapan rumah tangga lainnya.

Sementara secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada Desember 2020 diprakirakan masih dalam fase kontraksi dengan pertumbuhan IPR sebesar -20,7 persen yoy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia penjualan eceran indeks penjualan riil
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top