Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Alat Berat dan Otomotif Minta Kepastian Regulasi Program B40

Penetapan peta jalan terkait pengembangan B40 oleh pemerintah akan memberikan kepastian bagi para pelaku usaha.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  07:21 WIB
Industri Alat Berat dan Otomotif Minta Kepastian Regulasi Program B40
Petugas mengisi bahan bakar B30 ke kendaraan saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40.000 dan 50.000 kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun. - Antara / Aprillio Akb
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku industri alat berat dan otomotif meminta kepastian pemerintah terkait dengan program biodiesel 40 persen atau B40.

Peta jalan yang jelas dinantikan industri tersebut agar bisa menyesuaikan pengembangan spesifikasi yang sesuai.

Sekretaris Gabungan Kepala Kompartemen Teknik Lingkungan dan Gabungan Industri Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Abdul Rochim mengusulkan kepada pemerintah segera menetapkan peta jalan atau roadmap pengembangan B40. 

"Usulan kami penetapan peraturan atau roadmap B40-B50 itu terlebih dahulu harus ditetapkan agar kami semua ada kepastian bagi industri untuk mempersiapkannya termasuk speknya kapan mulainya," katanya dalam webinar yang digelar pada Rabu (16/12/2020).

Di samping itu, Abdul menambahkan tahapan studi dan evaluasi B40 sebaiknya mengikuti program pengembangan biodiesel sebelumya dan dikonfirmasi melalui tes jalan atau road test. Menurutnya, implementasi peraturan sebaiknya diberikan waktu yang cukup untuk industri.

"Industri melakukan penyesuaian karena ada komponen yang berdampak langsung dengan bahan bakar at least berdasarkan roadmap sebelumnya minimal 3 tahun setelah ditetapkan regulasi itu baru kita bisa implementasi," ungkapnya.

Senada, Komisi Teknis Himpunan Industri Alat Berat Indonesia Fahmi meminta pemerintah untuk memberikan roadmap yang jelas agar memiliki waktu untuk penyesuaian produk.

Selain itu, pihaknya meminta pemerintah untuk memberikan kejelasan campuran yang digunakan dalam B40 nantinya. Dia mengusulkan campuran yang digunakan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi atau setara dengan B30.

"Ketika ditetapkan sampai waktu implmentasi mungkin butuh waktu 2 tahun untuk penyesuaian produk," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Biodiesel industri alat berat
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top