Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Harga Rumah Baru di China Melambat

Pertumbuhan harga rumah baru di China daratan pada Oktober melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Langkah-langkah pengetatan yang diberlakukan oleh banyak kota mulai memberikan tekanan pada pertumbuhan harga rumah.
Residensial vertikal di Tianjin, China./Bloomberg
Residensial vertikal di Tianjin, China./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Harga rumah baru China tumbuh dengan kecepatan bulanan yang lebih lambat pada Oktober, karena banyak pengembang memangkas harga untuk mempromosikan penjualan di tengah pengawasan ketat pemerintah terhadap pinjaman.

Rata-rata harga rumah baru di 70 kota besar naik 0,2 persen pada Oktober dibandingkan dengan September, tingkat pertumbuhan bulanan paling lambat sejak Maret dan turun dari pertumbuhan 0,4 persen bulan sebelumnya, menurut perhitungan Reuters yang dikutip The Business Times, berdasarkan data Biro Statistik Nasional (NBS).

Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, harga rumah naik 4,3 persen pada Oktober, sedikit berkurang dari pertumbuhan September 4,6 persen.

Zhang Dawei, analis dari agen properti Centaline yang berbasis di Beijing, mengatakan langkah-langkah pengetatan yang diberlakukan oleh banyak kota mulai memberikan tekanan pada pertumbuhan harga rumah, terutama karena beberapa telah meluncurkan pembatasan harga pada proyek rumah baru.

Kampanye promosi penjualan di tengah meningkatnya pasokan perumahan selama musim puncak tradisional juga membebani harga.

Pasar properti besar China pulih dengan cepat dari krisis virus corona pada awal tahun ini, karena kredit yang lebih murah dan pembatasan pembelian yang lebih longgar di beberapa kota.

Namun, dengan peningkatan penjualan, pembuat kebijakan telah mengambil sikap yang lebih keras sejak awal paruh kedua tahun ini, dengan regulator meningkatkan pengawasan pada aktivitas pembiayaan pengembang dan pembeli untuk mencegah pertumbuhan pinjaman yang merajalela.

Data NBS pada awal pekan ini juga menunjukkan bahwa jumlah kota yang melaporkan kenaikan harga bulanan untuk rumah baru turun menjadi 45 dari 70 dari 55 pada September.

Berbeda dengan data pelemahan harga, investasi real estat Oktober China naik 12,7 persen dari tahun lalu, lebih cepat dari 12 persen pada September dan laju tercepat sejak Juli 2018, menurut perhitungan Reuters yang dikutip The Business Times berdasarkan data NBS.

Penjualan properti berdasarkan luas lantai naik 15,3 persen, tertinggi dalam lebih dari 3 tahun, sementara konstruksi baru mulai berkembang 3,5 persen, meningkat dari penurunan bulan lalu sebesar 1,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : The Business Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper