Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah! Total Dana Pemulihan Ekonomi di Kuartal IV Masih Ribuan Triliun

Dana APBD yang dapat dibelanjakan di kuartal IV/2020 sekitar Rp505 triliun.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 12 November 2020  |  12:56 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pemaparan saat konferensi pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (21/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pemaparan saat konferensi pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (21/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Konsumsi pemerintah menjadi faktor pengungkit terbesar dalam pertumbuhan ekonomi di tengah konsumsi rumah tangga yang mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19.

Hal ini tercermin dari konsumsi pemerintah yang tercatat tumbuh positif pada kuartal III/2020, sebesar 9,76 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan APBD hingga akhir September 2020 telah dibelanjakan sebesar Rp575,45 triliun, dari total APBD tahun ini sebesar Rp1080,71 triliun.

Artinya, masih ada sisa APBD sekitar Rp505 triliun yang dapat dibelanjakan di kuartal IV/2020 ini.

"Kalau pusat, kita masih ada Rp770 triliun lebih, kalau kombinasi keduanya sebenarnya APBN dan APBD kuartal IV masih bisa mencapai lebih dari Rp1.200 triliun," katanya dalam rapat kerja bersama dengan DPR RI Komisi XI, Kamis (12/11/2020).

Sri Mulyani mengatakan, masih besarnya anggaran ini diharapkan dapat menjaga momentum pemulihan ekonomi di kuartal IV, melanjutkan perbaikan ekonomi yang telah terjadi di kuartal III/2020.

Namun demikian, imbuhnya, kontribusi dari belanja negara tersebut sangat bergantung pada percepatan penyerapan seluruh kementerian dan lembaga (K/L) dan pemerintah daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn apbd sri mulyani pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top