Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TPK Belawan Dukung Ekspor Beri Insentif Gratis Penumpukan Petikemas 3 Hari

TPK Belawan memberikan 3 hari atau 72 jam free time memasukkan petikemas ekspor ke terminal petikemas (gate in) sampai dengan petikemas tersebut dimuat ke atas kapal atau dikenal dengan istilah masa 1 penumpukan ekspor.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  19:38 WIB
Petugas pelabuhan tengah memantau penumpukan peti kemas -  Bisnis
Petugas pelabuhan tengah memantau penumpukan peti kemas - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo 1 mendukung kegiatan ekspor impor dengan memberikan pelayanan masa penumpukan petikemas ekspor selama 3 hari.

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus memastikan dan menjaga kelancaran layanan logistik selama 24 jam dalam 7 hari dan terus meningkatkan layanan operasional petikemas baik domestik maupun internasional secara efektif dan efisien.

GM TPK Belawan Indra Pamulihan mengungkapkan salah satu upaya yang dilakukan untuk efektivitas layanan operasional khususnya dalam mendukung kegiatan ekspor di TPK Belawan adalah dengan memberikan 3 hari atau 72 jam free time untuk memasukkan petikemas ekspor ke terminal petikemas (gate in) sampai dengan petikemas tersebut  dimuat ke atas kapal atau dikenal dengan istilah masa 1 penumpukan ekspor.

"Masa  ini meliputi kegiatan petikemas masuk ke terminal atau open stack hingga batas waktu cargo masuk dan barang dimuat di kapal," paparnya, Sabtu (24/10/2020).

Cargo gate in atau open stack adalah waktu dimana eksportir dapat membawa masuk petikemasnya ke dalam terminal petikemas (cargo gate in) atau open stack hingga closing time.

Closing time adalah waktu dimana eksportir sudah tidak dapat memasukan lagi petikemasnya ke dalam terminal petikemas atau batas waktu petikemas masuk ke terminal petikemas.

Dengan penerapan masa 1 penumpukan selama 3 hari, kegiatan operasional di TPK Belawan lebih terkendali, dengan pelayanan kapal yang dibuka dalam satu waktu adalah 4 sampai 5 kapal.

Dengan demikian, kapasitas block ekspor mencukupi/ideal, jumlah alat yang bekerja cukup, tingkat kepadatan gate bisa dikendalikan, dan arus petikemas masuk dan keluar lebih lancar, sehingga dapat mendorong percepatan operasional pelabuhan dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

TPK Belawan juga menerapkan layanan 24/7 sehingga para eksportir bisa memanfaatkan operasional 24/7 ini dengan memasukkan kargo/petikemas diluar jam sibuk, yaitu pada jam 22.00 - 13.00 WIB.

Adapun, pada jam tersebut petikemas yang masuk lebih sedikit dan bisa memaksimalkan waktu sebelum closing time sehingga juga tidak terkena masa penumpukan yang lebih lama di terminal jika melebihi 3 hari.  Masa peak hour atau jam sibuk di TPK belawan adalah dari jam 13.00 – 22.00 WIB.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami mempercepat dalam meningkatkan pelayanan di terminal Petikemas Belawan  khususnya  dalam mendukung penuh layanan ekspor impor, mendukung efisiensi biaya logistik dan bisa maksimal dalam melayani 4 hingga 5 kapal dalam satu waktu,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo i pelabuhan belawan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top