Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengusaha Pelayaran Diselamatkan Kebijakan SKK Migas

INSA siap berperan aktif dalam memberikan solusi atas setiap masalah yang dihadapi KKKS dan SKK Migas di bidang pelayaran.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  19:36 WIB
Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto./Bisnis - Rinaldi M. Azka
Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto./Bisnis - Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA – Pengusaha pelayaran mengapresiasi percepatan pengadaan barang dan jasa di sektor hulu migas. Dengan percepatan itu, napas usaha pelayaran subsektor minyak dan gas dapat lebih panjang di tengah tekanan akibat Covid-19.

Dewan Pimpinan Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (DPP INSA) mengapresiasi komitmen Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Indonesian Petroleum Association (IPA) selaku kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang tetap aktif berperan mendukung perekonomian nasional.

Carmelita Hartoto, Ketua Umum INSA, mengatakan sebagai asosiasi utama yang mendukung kegiatan pengeboran migas di Indonesia, organisasi yang dipimpinnya siap berperan aktif dalam memberikan solusi atas setiap masalah yang dihadapi KKKS dan SKK Migas di bidang pelayaran.

INSA, tambahnya, akan berperan dalam membantu mencarikan terobosan untuk memberikan win-win solution dari tantangan kondisi saat ini khususnya dalam menjaga komitmen kontrak yang telah disepakati dengan pelayaran.

“Peranan KKKS dan SKK Migas sangat strategis dalam menjaga kedaulatan energi sekaligus menjadi pendorong kegiatan ekonomi nasional. Untuk itu, kami siap berkontribusi dalam mencarikan win-win solution atas setiap tantangan dan masalah yang dihadapi saat ini,” ujarnya pada Jumat (23/10/2020).

Carmelita menambahkan tetap dilakukannya percepatan pengadaan hulu migas oleh SKK Migas dan KKKS ini membuat iklim bisnis di sektor pelayaran migas tetap kondusif. Perusahaan pelayaran migas dapat tetap beroperasi dengan baik dan memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Meski di tengah pandemi Covid-19, kegiatan hulu migas dan pendistribusiannya menggunakan kapal migas nasional berjalan dengan baik. Ini positif untuk menjaga pasokan migas nasional sekaligus menjaga kinerja pelayaran migas nasional,” kata Carmelita.

Sebelumnya, komitmen KKKS dan IPA itu disampaikan dalam diskusi antara SKK Migas dengan Komite Supply Chain Management (SCM) IPA di Jakarta pada Kamis (15/10/2020).

Dalam diskusi tiu disepakati penghindaran pemutusan sepihak terhadap kontrak-kontrak pengadaan barang dan jasa di KKKS. SKK Migas berharap KKKS mencari terobosan-terobosan yang diperlukan untuk mendapatkan solusi jika menghadapi kesulitan di lapangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas insa pelayaran
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top