Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Korsel Ini Relokasi Pabriknya ke Indonesia

Investasi PT Sejin Fashion Indonesia dinilai akan meningkatkan devisa negara karena 100 persen hasil produksinya akan diekspor.
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. /Kemenperin
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. /Kemenperin
Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan asal Korea Selatan, yakni PT Sejin Fashion Indonesia, melakukan relokasi pabriknya ke Tanah Air. 
Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan Parkland Co., Ltd. yang sudah 15 tahun menjalankan investasinya di Indonesia di bidang industri alas kaki. 
 
PT Sejin Fashion Indonesia yang bergerak bergerak di bidang industri garmen berorientasi ekspor merelokasikan pabriknya dari Dalian, China, ke Pati, Jawa Tengah dengan nilai total diperkirakan mencapai US$35 juta. 
“Setelah kunjungan ke Korea Selatan kemarin [23-24/9/2020], ada satu lagi perusahaan akan relokasi ke Indonesia dari Tiongkok. Ini industri padat karya, bisa menambah lapangan kerja baru sampai 4.000 orang. Kami harap dapat membantu perekonomian di masa pandemi seperti ini,” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Sabtu (26/9/2020).
Selain menambah lapangan kerja, kata Bahlil, investasi Sejin Fashion Indonesia akan meningkatkan devisa negara karena 100 persen hasil produksinya akan diekspor.
Namun, perusahaan tersebut disebut masih memerlukan sejumlah dukungan dari pemerintah, antara lain percepatan proses pemeriksaan teknis (survei) terhadap mesin Barang Modal Tidak Baru (BMTB) yang akan direlokasi dari pabrik di China, dan pengajuan permohonan penetapan lokasi pabrik sebagai Kawasan Berikat (Pengusaha Dalam Kawasan Berikat/ PDKB).
Selain itu, perusahaan ini juga membutuhkan dukungan dalam mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) ahli selama masa pandemi Covid-19, serta fasilitasi pengajuan permohonan insentif Tax Allowance. 
“Sesuai komitmen BKPM, investor akan terus difasilitasi dan dikawal. Sebagian permohonan perusahaan sudah difasilitasi. Dalam kunjungan ini saya sekaligus menyampaikan persetujuan insentif Tax Allowance yang Sejin minta. Sudah beres. Terkait perizinan yang masih dalam proses, sudah ada tim khusus yang akan mengurus. Perusahaan tinggal tunggu beres saja,” tambah Bahlil.
Persetujuan insentif Tax Allowance Sejin Fashion Indonesia menjadi Tax Allowance pertama yang diterbitkan BKPM sejak adanya pelimpahan kewenangan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI).
BKPM akan terus mendorong agar Sejin dapat memenuhi target produksi komersial di kuartal IV/2020.
CEO Parkland Myeong-gyu Park optimistis bahwa anak perusahaan mereka dapat berkembang baik di Indonesia. Kegiatan usaha Parkland di Indonesia selama ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Inilah yang melatarbelakangi perusahaan merelokasi pabrik ke Indonesia.   
“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala BKPM dan Tim yang telah membantu kami dalam melakukan relokasi investasi ke Indonesia. Kami semakin yakin dan percaya, investasi kami dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Hal ini tentunya juga karena dukungan Pemerintah Korea Selatan dan Pemerintah Indonesia, khususnya BKPM,” ujar Myeong-gyu Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper