Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhub Ingin Ekolognas Hubungkan Infrastruktur dan Transportasi

Menhub Budi Karya menilai Ekolognas bisa berdampak maksimal apabila dilakukan integrasi yang menghubungkan infrastruktur dengan simpul transportasi
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 September 2020  |  14:43 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengupayakan penataan aksesibilitas dan kolektibilitas antar kawasan dengan peningkatan sistem logistik melalui Ekosistem Logistik Nasional (Ekolognas).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan berkolaborasi dengan pihak swasta untuk menjalankan Ekolognas. Adanya kolaborasi untuk ekosistem logistik bisa mendatangkan dampak yang maksimal.

"Kami ingin segera melakukan penataan aksesibilitas dan kolektibilitas antar kawasan ini bisa lebih baik. Integrasi menghubungkan infrastruktur dengan simpul transportasi harus dilakukan," kata Budi, Kamis (24/9/2020).

Dia menuturkan Instruksi Presiden (Inpres) No. 5/2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional mampu menghubungkan moda darat, laut, dan udara. Kemenhub telah mengimplementasikan platform digital untuk efisiensi proses dan biaya, salah satunya menggabungkan platform logistik dan menyederhanakan proses logistik pre-clearence.

Selain itu, terdapat single submission penangkutan, penerapan online billing on-gate di pelabuhan, dan juga melakukan integrasi semua moda transportasi logistik.

Khusus di laut, lanjutnya, dalam jangka pendek pengembangan Ekolognas ini adalah berupa penyederhanaan proses bisnis pre-clearence, karena menghilangkan repetisi dan replikasi sangat penting.

Kemenhub bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah melakukan kajian terkait dengan kegiatan logistik saat pandemi Covid-19. Semua pihak harus berupaya memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di pelabuhan.

"Kami mendorong perusahaan logistik yang hadir di sini untuk menjalin kerja sama dengan sistem baru, pasti bagus sekali. Saya bayangkan ini bisa mempermudah, memperlancar proses-proses yang selama ini pasti menjengkelkan berbagai pihak," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top