Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo I Atur Akses Masuk Truk di TPK Belawan

Penataan akses truk peti kemas ke TPK Belawan dinilai dapat mengefisiensikan waktu pelayanan penerimaan dan pengiriman barang, mengurangi kemacetan di gerbang masuk, serta menurunkan biaya logistik.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 18 September 2020  |  21:28 WIB
Petugas PT Pelindo I memantau bongkar muat peti kemas di lokasi Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) di Medan, Sumatra Utara.  - ANTARA
Petugas PT Pelindo I memantau bongkar muat peti kemas di lokasi Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) di Medan, Sumatra Utara. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I, menyatakan bakal menata akses masuk truk peti kemas untuk meningkatkan kelancaran arus masuk dan keluar di area tersebut.

Penataan akses masuk tersebut dilakukan melalui pemeriksaan Surat Penarikan Peti Kemas (SP2) di area pre gate terhadap armada truk yang akan memasuki wilayah TPK Belawan. Hal ini diharapkan dapat mendorong percepatan operasional pelabuhan.

GM TPK Belawan Indra Pamulihan mengatakan penataan tersebut dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

“Kami melakukan pemeriksaan SP2 kepada supir truk peti kemas di area pre gate sebelum masuk pintu  utama menuju areal TPK Belawan. Jika supir truk peti kemas tersebut tidak mengantongi SP2, kami arahkan untuk parkir ditempat yang telah kita siapkan dan menunggu SP2 dari pihak Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL),” katanya melalui siaran pers, Jumat (18/9/2020).

Penataan akses truk peti kemas ini  dinilai dapat mengefisiensikan waktu pelayanan penerimaan dan pengiriman barang, mengurangi kemacetan di gerbang masuk, serta menurunkan biaya logistik. Truk dapat mengangkut peti kemas sampai 4—5 kali dalam sehari.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami mempercepat pelayanan di terminal dan mendukung efisiensi biaya logistik. Setelah dilakukan pemeriksaan SP2 di area pre gate kurang lebih satu bulan ini, sudah tidak pernah lagi terjadi kemacetan di pintu Gate in TPK Belawan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Organda Angsuspel Belawan Erry Salim menilai kebijakan dan prosedur ini dapat berdampak positif terhadap kegiatan operasional. Hal ini dinilai dapat mempercepat proses pengambilan barang.

“Kondisi saat ini sudah lebih bagus, dan kami berharap Pelindo I dapat melakukan inovasi pelayanan logistik secara berkesinambungan,” katanya.

Sampai dengan Agustus 2020, TPK Belawan telah melayani kunjungan kapal sebanyak 589 call, dengan kunjungan kapal di terminal internasional 342 call dan di terminal domestik 247 call.

Adapun, bongkar muat peti kemas di TPK Belawan sampai dengan Agustus 2020 telah mencapai 585.928 box. Sementara itu, bongkar muat peti kemas di terminal internasional sampai dengan Agustus 2020 mencapai 288.161 box dan terminal domestik 297.767 box.

Sementara itu, kinerja operasional TPK Belawan sampai dengan Agustus 2020 di terminal internasional mencapai 54,18 B/S/H atau Box/Ship/Hour, sedangkan di terminal domestik mencapai 46 B/S/H. Produktivitas di kedua terminal tersebut diklaim telah melampaui standar kinerja bongkar muat peti kemas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan yang sebesar 32 B/S/H.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pt pelindo i pelabuhan belawan
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top