Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo 1 Yakin Arus Barang 2020 Bisa Tumbuh, Target 1,56 Persen

Pelindo 1 yakin arus barang bisa tumbuh hingga 1,56 persen pada tahun ini usai mencatatkan kunjungan kapal sebanyak 27.404 call pada semester I/2020.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  12:38 WIB
Suasana peresmian pembukaan rute peti kemas internasional komersial di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) oleh PT Prima Multi Terminal. Dok. Istimewa
Suasana peresmian pembukaan rute peti kemas internasional komersial di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) oleh PT Prima Multi Terminal. Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 yang mengelola pelabuhan di empat provinsi di bagian barat Indonesia yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau mencatat arus kunjungan kapal sampai dengan semester I/2020 sebanyak 27.404 call atau 77,4 juta GT (Gross Tonnage).

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 Imron Eryandy mengatakan selama kurun waktu semester I/2020, arus bongkar muat peti kemas di seluruh pelabuhan yang dikelola sebanyak 531.167 boks atau setara dengan 647.503 TEUs. Adapun, untuk bongkar muat barang mencapai 17,8 juta ton.

“Kami memproyeksikan pertumbuhan arus barang sampai dengan Desember 2020 naik 1,56 persen dari capaian 2019 yaitu 37,4 juta ton dari 36,8 juta ton pada 2019," ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Sementara itu, untuk segmen layanan penumpang, Pelindo 1 melayani 12.666 call kapal penumpang dengan layanan penumpang internasional sebanyak 2.834 dan layanan penumpang domestik sebanyak 9.832 call. Arus penumpang di seluruh terminal penumpang yang dikelola sampai dengan semester I/2020 mencapai 1.499.453 orang.

Selanjutnya, Imron menjelaskan bahwa pada semester II/2020 ini perseroan menargetkan adanya pertumbuhan arus barang, peti kemas, maupun penumpang seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru dan komitmen pemerintah dalam implementasi penanganan Covid-19 serta upaya penanganan pemulihan ekonomi nasional.

"Beberapa program strategis telah disiapkan untuk mendongkrak arus barang dan penumpang yang juga diharapkan dapat memberikan pertumbuhan bagi ekonomi di wilayah operasional Pelindo 1 maupun ekonomi nasional,” terangnya.

Dia menyebutkan bahwa upaya tersebut dilakukan melalui relaksasi penumpukan di terminal pelabuhan yang dapat menurunkan biaya logistik. Kebijakan tersebut diharapkan membantu meringankan beban pelanggan. Program strategis lainnya dilakukan melalui peningkatan kerja sama dengan mitra untuk memperluas segmen pasar.

Begitu juga untuk kerja sama dalam bongkar muat curah kering, cair, dan general cargo dengan mitra baru dalam menambah pertumbuhan arus barang di pelabuhan yang dikelola Pelindo 1. Sebagai contoh, kerja sama mitra pemanfaatan dan pengoperasian Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pt pelindo i
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top