Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyek Air Minum Umbulan Sudah Selesai Dibangun, Tunggu Apa Lagi?

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 September 2020  |  17:32 WIB
Petugas mengecek kolam penampungan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Petugas mengecek kolam penampungan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan di Jawa Timur dinyatakan sudah selesai 100 persen dan mulai melayani pelanggan di wilayah tersebut.

Meike Kencanawulan, Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengaku bahwa pengerjaan proyek tersebut oleh badan usaha pelaksana sudah tuntas.

"SPAM Regional Umbulan telah 100 persen terbangun oleh badan usaha pelaksana dan saat ini dalam proses penyelesaian untuk sebagian kegiatan yang dibiayai APBN, APBD, dan PDAM," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (4/9/2020).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017, melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha antara pemerintah dan PT Metha Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang, sekaligus badan usaha pelaksana.

Proyek ini menelan investasi Rp2,05 triliun, dengan besaran dukungan kelayakan atau viability gap fund dari pemerintah senilai Rp818 miliar.

Sejauh ini, proyek SPAM Umbulan merupakan proyek air minum dengan kapasitas terbesar, yakni 4.000 liter per detik. Kapasitas sebesar itu cukup untuk melayani 310.000 sambungan pelanggan atau setara 1,30 juta jiwa.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum spam umbulan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top