Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Brantas Abipraya Bangun 8 Pusat Distribusi Air SPAM Umbulan

Sejauh ini, proyek SPAM Umbulan merupakan proyek air minum dengan kapasitas terbesar, yakni 4.000 liter per detik.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  13:00 WIB
Petugas mengecek pompa utama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Petugas mengecek pompa utama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – PT Brantas Abipraya (Persero) menyatakan peresmian proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan merupakan salah satu bukti komitmen perseroan untuk negara.

Adapun, salah satu kontribusi Brantas Abipraya dalam konstruksi SPAM Umbulan adalah membangun pusat distribusi air.

Direktur Operasi I Brantas Abipraya Catur Prabowo mengatakan pihaknya membangun 8 pusat distribusi air untuk SPAM Umbulan. Secara total, 8 tangki tersebut dapat menampung air minum sebanyak 17.400 meter kubik.

"SPAM Umbulan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yaitu menyediakan kebutuhan air bersih yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sejumlah kota dan kebupaten sekitarnya," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (24/3/2021).

Catur mengatakan pusat distribusi air SPAM Umbulan dibangun di 8 lokasi strategis. Kedelapan lokasi tersebut adalah Waru (2.000 meter kubik), Gedangan (2.900 meter kubik), Buduran (3.200 meter kubik), Sidoarjo (3.200 meter kubik), Candi (3.200 meter kubik), Tanggulangin (1 meter kubik), Porong (1.100 meter kubik), dan Jabon (800 meter kubik).

Selain membangun pusat distribusi air, Catur menyampaikan perseroan juga berkontribusi dalam membangun beberapa bangunan pendukung, seperti kantor, rumah jaga, pos keamanan, dan power house. Catur mencatat pihaknya berkontribusi dalam proyek SPAM Umbulan pada 2018 hingga akhir 2019.

"Tidak hanya untuk masyarakat di Sidoarjo, manfaat SPAM Regional Umbulan ini juga dapat dirasakan bagi masyarakat di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan SPAM Umbulan diutamakan untuk pemenuhan domestik agar masyarakat dapat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

Selain itu, Basuki berharap agar pengoperasian SPAM tersebut dapat memperbaiki kesehatan masyarakat di Jawa Timur.

"Beroperasinya SPAM Umbulan akan memberi manfaat besar bagi 1,6 juta jiwa atau [menambah] 320.000 sambungan rumah di lima kabupaten kota," katanya

Pembangunan SPAM Umbulan dimulai pada 2017 dan rampung pada akhir kuartal III/2020. Adapun, konstruksi SPAM yang menyerap investasi hingga Rp2,05 triliun tersebut dilakukan oleh PT Metha Adhya Tirta Umbulan dengan skema KPBU.

Sejauh ini, proyek SPAM Umbulan merupakan proyek air minum dengan kapasitas terbesar, yakni 4.000 liter per detik. Kapasitas sebesar itu cukup untuk melayani 310.000 sambungan pelanggan atau setara 1,30 juta jiwa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spam umbulan brantas abipraya
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top