Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Historia Bisnis: Cerita di Balik Penguasaan Grup Bakrie di Freeport dan 5 Startup Innovating Jogja Dapat Suntikan Teknologi Manufaktur

Berita historia bisnis: cerita di balik penguasaan grup Bakrie di Freeport jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Kamis (3/9/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 03 September 2020  |  15:45 WIB
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. - bumiresources.com
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. - bumiresources.com

1. Historia Bisnis: Cerita di Balik Penguasaan Grup Bakrie di Freeport

Group Bakrie pernah menjadi pemegang saham PT Freeport Indonesia sebanyak 10 persen dan mendapatkan untung berlipat-lipat atas kepemilikan ini.

Kelompok usaha dari Lampung itu menebus 10 persen kepemilikan itu senilai US213 juta. Mendahului kelompok Bimantara Group milik putra Presiden Soeharto Bambang Trihatmodjo.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Erick Thohir : Maaf yang Tidak Punya Rekening, Tidak Bisa Terima Subsidi Gaji

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir memastikan tidak ada penambahan penerima subsidi gaji pekerja selain yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki rekening.

Dalam sesi paparan dan tanya jawab via kanal daring, Erick menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah mengantongi 14 juta data rekening pekerja dari total penerima subsisi 15,7 juta orang, 11 juta di antaranya telah divalidasi.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. RAPBN 2021: Rapat Berjam-jam, Ini Hasil Kesepakatan DPR dan Pemerintah

Pemerintah dan Komisi XI DPR menyepakati asumsi dasar ekonomi makro dan indikator pembangunan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021.

Dalam rapat yang digelar pagi hingga sore tadi, Rabu (2/9/2020), perwakilan eksekutif dan legislatif menyepakati pertumbuhan ekonomi di angka 4,5 persen - 5,5 persen, inflasi 3 persen, nilai tukar rupiah di angka 14.600 per dolar, suku bunga SBN 10 tahun senilai 7,29 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Pengusaha Sawit, Batu Bara, dan Bubur Kertas Wajib Bawa Pulang Devisa Hasil Ekspor

Pemerintah telah menetapkan barang ekspor sumber daya alam (SDA) yang wajib memasukan devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam sistem keuangan Indonesia.

Ketentuan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No.744/KM.4/2020 yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. 5 Startup Innovating Jogja Dapat Suntikan Teknologi Manufaktur

Kementerian Perindustrian menyatakan sejumlah hasil litbang industri berhasil ditransfer ke pelaku industri kecil menengah (IKM), termasuk pada perusahaan rintisan (startup) pemenang kompetisi Innovating Jogja 2020.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan Innovating Jogja merupakan pencarian perusahaan rintisan berbasis inovasi di bidang kerajinan dan batik yang dilaksanakan melalui sistem kompetisi ide inovasi bisnis.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport Berita Terpopuler RAPBN 2021
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top