Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kluster Corona di Pabrik LG dan Suzuki Berisiko Bagi Pemulihan Ekonomi

LG Electronics Inc. dan Suzuki Motor Corp. serta NOK Corp. diminta untuk menghentikan pengoperasian fasilitas mereka di Cikarang, setelah lebih dari 300 pekerja di kawasan industri tersebut dinyatakan positif terkena virus Corona.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  15:41 WIB
Pabrik LG Electronics. Ilustrasi.  - LG Electronics
Pabrik LG Electronics. Ilustrasi. - LG Electronics

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya Indonesia untuk menghidupkan kembali ekonomi tersandung gelombang wabah Covid-19 yang memaksa sejumlah pabrik di Cikarang, Jawa Barat, untuk tutup.

LG Electronics Inc. dan Suzuki Motor Corp. serta NOK Corp. diminta untuk menghentikan pengoperasian fasilitas mereka di Cikarang, Jawa Barat, setelah lebih dari 300 pekerja di kawasan industri tersebut dinyatakan positif terkena virus Corona baru.

Presiden Joko Widodo telah berupaya mengubah pandemi menjadi peluang untuk membawa Indonesia ke jalur menuju negara maju.

Dia berjanji untuk meningkatkan belanja negara setelah ekonomi mengalami kontraksi pertama dalam lebih dari 20 tahun.

Sementara itu, kluster baru dan meningkatnya jumlah infeksi dapat membuat kantor dan pabrik tutup, sementara masyrakat memilih untuk tinggal di rumah.

“Wabah lokal yang berkepanjangan tetap menjadi risiko utama bagi pemulihan, terutama karena pusat-pusat ekonomi masih menjadi titik panas,” tulis Euben Paracuelles dan Rangga Cipta, ekonom di Nomura Singapore Ltd., dalam sebuah laporan.

"Ini akan membuat rumah tangga dan bisnis tetap berhati-hati meskipun tidak ada penguncian yang ditetapkan kembali."

Indonesia mencatat rekor baru kasus Covid-19 sebanyak lebih dari 3.000 kasus pada hari Jumat (28/8/2020), dengan jumlah kematian tertinggi di Asia Tenggara lebih dari 7.000 orang.

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia David Sumual mengatakan lonjakan kasus baru dapat membuat investor dan orang Indonesia dengan daya beli yang lebih tinggi tetap waspada. Belanja konsumen dari kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi akan membawa multiplier effect yang signifikan bagi perekonomian karena mereka melakukan pembelian yang lebih besar.

Manufaktur menyumbang hampir 20 persen terhadap produk domestik bruto, sementara konsumsi rumah tangga menyumbang sekitar 60 persen. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang tindakan jarak sosial hingga 10 September dan menutup bioskop.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kawasan industri Virus Corona pemulihan ekonomi

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top