Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Jaringan Telkomsel di Ruas Menuju Ibu Kota Negara Baru

Tim Jelajah infrastruktur Kalimantan 2020 melintasi akses jalan menuju lokasi ibu kota negara (IKN) mengecek jaringan Telkomsel di wilayah tersebut.
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  23:59 WIB
Jalan akses ke Sepaku di Kawasan Samboja, Kutai Kartangera, dikelilingi hutan Bukit Bangkirai - Bisnis.com/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Jalan akses ke Sepaku di Kawasan Samboja, Kutai Kartangera, dikelilingi hutan Bukit Bangkirai - Bisnis.com/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan

Bisnis.com, PENAJAM PASER UTARA - Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 melintasi akses jalan menuju lokasi ibu kota negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Masuk dari arah simpang kilometer 38 Samboja Kutai Kartanegara (Kukar) menuju simpang silkar Petung, PPU.

Pemerintah ke depan berencana memperbaiki jalur infrastruktur menuju kawasan tersebut secara bertahap. Dukungan infrastruktur mesti sepenuhnya dalam pemindahan pusat pemerintahan negara tersebut.

Selain dukungan infrastruktur, kawasan IKN baru nantinya juga harus terjamin dari kualitas jaringan komunikasi. Oleh karena itu, tim juga melakukan cek jaringan Telkomsel di wilayah tersebut.

Sepanjang perjalanan ponsel tim selalu berdering. Menandakan akses komunikasi masih bisa dilakukan.

Hanya di beberapa titik tertentu saja jaringan tidak stabil. Alasannya adalah blocking. Jaringan terhalang oleh pohon dan juga lereng gunung.

Bersama dengan tim dari Telkomsel, Bisnis melaporkan setiap 30 menit titik-titik jaringan di wilayah ini. Total ada 17 BTS yang ada di sepanjang bjalur lintasan tersebut, yakni 7 BTS ada di wilayah Kukar dan 10 ada di wilayah PPU.

Adapun, Telkomsel berkomitmen untuk mendukung unsur terpenting dalam perkembangan sebuah wilayah tersebut. Anak usaha BUMN ini akan fokus membangun BTS di kawasan-kawasan bakal IKN.

"Sebagai operator seluler Telkomsel akan turut bergerak maju bersama pemerintah. Untuk mendukung kedaulatan dan menjaga keutuhan NKRI dengan menghadirkan layanan telekomunikasi di daerah perbatasan Kalimantan. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa akselerasikan negeri," kata Benny Hasiholan Rumahorbo Manager Network Service Telkomsel Balikpapan.

Adapun, Telkomsel memiliki BTS broadband yang sudah menjangkau lebih dari 90 persen populasi Pulau Kalimantan, baik untuk jaringan 3G maupun 4G.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top