Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Transmisi ke Muara Badak, PLN Jamin Distribusi Listrik di Kalimantan

Peningkatan kualitas itu diperlukan lantaran alat operasional Gardu Induk Embalut sudah tua. Pendistribusi listrik ini telah ada sejak 1998 lalu.
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  22:34 WIB
Manager PLN UPT Kaltim, Kuncoro Suryokusumo Menerima Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 Bisnis Indonesia Di Room Panel Gardu Induk Embalut PLN - Bisnis.com/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Manager PLN UPT Kaltim, Kuncoro Suryokusumo Menerima Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020 Bisnis Indonesia Di Room Panel Gardu Induk Embalut PLN - Bisnis.com/Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan

Bisnis.com, TENGGARONG — PT PLN (Persero) tengah mengembangkan jalur transmisi listrik ke Muara Badak guna mendukung upaya peningkatan kualitas layanan ke berbabagi daerah di Kalimantan.

Manager PLN UPT Kaltim, Kuncoro Suryokusumo, menjelaskan peningkatan kualitas itu diperlukan lantaran alat operasional Gardu Induk Embalut sudah tua. Pendistribusi listrik ini telah ada sejak 1998 lalu.

Ketika jalur transmisi ke Muara Badak beroperasi, jelas dia, distribusi akan membentuk sebuah jalur lingkaran (looping) ke Balikpapan, Tenggarong, dan Samarinda. Looping ini membuat penyebaran listrik tidak akan terganggu apabila ada transmisi yang mengalami gangguan.

“Kita targetkan akhir tahun selesai dan bisa beroperasi,” jelasnya saat ditemui Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020, Kamis (13/8/2020).

Kuncoro mengatakan bahwa peningkatan kualitas itu juga akan dibarengi dengan menaikkan kapasitas.

“Kita tahu gardu induk (GI) ini pusat pembangkit sehingga betul-betul harus andal dan tidak ada gangguan,” katanya 

Salah satu hal yang menjadi kendala PLN adalah pohon yang berdekatan dengan jalur transmisi. Pihaknya harus melakukan pendekatan persuasif karena pohon tersebut milik warga dan merupakan pohon industri.

Kuncoro mengatakan PLN bahkan harus mendatangi satu per satu rumah warga, tokoh, dan pejabat setempat agar transmisi memiliki jarak aman.

Adapun, GI Embalut mengumpulkan listrik dari pembangkit sebesar 487 MW. Total tersebut merupakan 20 persen dari keseluruhan listrik di Kalimantan Timur, Selatan, dan Tengah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top