Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei SMRC: Covid-19 Berakhir, 46 Persen Warga Optimistis Ekonomi Membaik

Pernyataan tersebut terungkap dalam hasil survei yang dilaksanakan Saiful Mujani Research Center (SMRC) untuk mengukur kondisi perekonomian dan respons kebijakan pemerintah pada periode Covid-19.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  17:56 WIB
Ade Armando - Antara
Ade Armando - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebanyak 46 persen warga optimistis kondisi ekonomi rumah tangga akan lebih baik setelah wabah pandemi virus Corona (Covid-19) berakhir.

Pernyataan tersebut terungkap dalam hasil survei yang dilaksanakan Saiful Mujani Research Center (SMRC) untuk mengukur kondisi perekonomian dan respons kebijakan pemerintah pada periode Covid-19.

"Sekitar 46 persen responden menilai kondisi ekonomi rumah tangga akan lebih baik setelah wabah Covid-19 berakhir. Sementara itu, ada 45 persen warga yang justru mengatakan kondisi ekonomi tidak berubah atau semakin buruk," ujar Direktur Komunikasi SMRC Ade Armando dalam diskusi webinar, Kamis (25/6/2020).

Lebih lanjut, survei SMRC mencatat hanya 34 persen responden yang menilai kondisi ekonomi nasional pada tahun depan akan lebih baik dibandingkan dengan periode sat ini.

Ade mengatakan sebanyak 20 persen responden menilai tidak akan ada perubahan dan 27,1 persen memprediksi kondisi ekonomi nasional pada 2021 akan jauh lebih buruk dibandingkan dengan tahun ini.

"Survei ini membuktikan bahwa warga secara umum masih kurang optimistis melihat kondisi ekonomi rumah tangga dan nasional pada tahun depan," jelasnya.

SMRC memilih sampel sebanyak 1978 responden yang dipilih secara acak dari sampel survei tatap muka yang telah dilakukan sebelumnya.

Survei terkait kondisi ekonomi pada periode pandemi Covid-19 dilakukan melalui sambungan telepon sejak 11 Maret hingga 20 Juni 2020. Margin of error survei tersebut diperkirakan +/- 2,2 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi rumah tangga Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top