Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Belanja Kelompok Penghasilan Menengah Atas Ciut di Bulan Mei, Ini Buktinya

Indeks pembelian durable goods turun 10,5 poin menjadi 73,2 pada Mei 2020, dari posisi 83,7 pada April 2020.  Berdasarkan kelompok pengeluaran dari responden BI, kelompok dengan pengeluaran per bulan di atas Rp5 juta rupiah mengalami penurunan terdalam.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  13:26 WIB
Belanja Kelompok Penghasilan Menengah Atas Ciut di Bulan Mei, Ini Buktinya
Pengunjung melihat barang elektronik disalah satu toko elektronik di Makassar (Bisnis - Paulus Tandi Bone)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belanja masyarakat dengan kelompok penghasilan menengah keatas semakin menciut di tengah wabah Covid-19.

Terbukti, indeks pembelian durable goods atau barang tahan lama yang dirilis Bank Indonesia (BI) mengalami penurunan pada Mei 2020. Indeks tersebut turun 10,5 poin menjadi 73,2 pada Mei 2020, dari posisi 83,7 pada April 2020. 

Berdasarkan kelompok pengeluaran dari responden BI, kelompok dengan pengeluaran per bulan di atas Rp5 juta rupiah mengalami penurunan terdalam.

Dari survei BI, penurunannya mencapai level 65,7 pada Mei 2020 dari posisi April 2020 sebesar 82,2. Jika dibandingkan posisi pada tahun lalu, penurunannya lebih tajam.

Tahun lalu, indeks pembelian durable goods kelompok pengeluaran ini masih mencapai 108,2. Kelompok ini telah mengurangi pembelian barang tahan lama, seperti elektronik, furnitur dan perabot rumah tangga.

Padahal seperti diketahui, pembelian durable goods biasanya mencatatkan pertumbuhan yang cukup tinggi pada masa libur Lebaran atau bulan Ramadan karena konsumen umumnya memiliki penghasilan lebih dari tunjangan hari raya (THR).

Sejalan dengan indeks tersebut, indeks ekspektasi penghasilan juga mengalami penurunan dari 116,1 pada bulan April menjadi 113,8 pada Mei. Penurunan yang terhadi pada kelompok penghasilan Rp2,1 juta - Rp3 juta dan kelompok penghasilan Rp5 juta ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia kelompok pengeluaran belanja konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top