Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partisi Plastik Ojek Online Wajib Lolos SNI dan ISO

Pengemudi ojek online (ojol) menilai partisi plastik yang akan dipasang untuk mencegah penularan Covid-19 dengan penumpang dinilai harus lulus sertifikasi ISO dan Standar Nasional Indonesia (SNI).
Warga mengorder ojek online di Jakarta./Bisnis-Abdurahman
Warga mengorder ojek online di Jakarta./Bisnis-Abdurahman

Bisnis.com, JAKARTA - Pengemudi ojek online (ojol) menilai partisi plastik yang akan dipasang untuk mencegah penularan Covid-19 dengan penumpang dinilai harus lulus sertifikasi ISO dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan partisi plastik tersebut harus memenuhi standar keamanan, kesehatan dan kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Proses produksi partisi plastik tersebut harus mendapatkan pengawasan sebelum digunakan.

"Tentunya Garda sebagai asosiasi memiliki kewajiban untuk melakukan pengawasan dan rekomendasi bagi pihak yang akan produksi partisi portabel ini untuk pelaksanaan proses sertifikasi terlebih dahulu bagi partisi," jelasnya Minggu (7/6/2020).

Sertifikasi tersebut, baik itu Sertifikasi Nasional Indonesia (SNI) maupun sertifikasi ISO untuk material yang digunakan agar untuk memenuhi standar keamanan, kesehatan dan kenyamanan.

Pihaknya akan berkomunikasi dengan regulator dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

Di sisi lain, pakar sanitasi dan kesehatan masyarakat dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Djasio Sanropie merupakan pihak yang merekomendasikan kepada Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia. Keberadaan partisi ini agar pengemudi ojol dapat meminimalisir adanya percikan (droplet) dari pengemudi kepada penumpang dan sebaliknya dari penumpang kepada pengemudi ojol.

Menurutnya partisi portabel yang digunakan oleh pengemudi ojol tentunya harus melalui beberapa uji coba untuk memenuhi standar kesehatan, standar keamanan dan standar kenyamanan. Oleh karena itu, Protokol Kesehatan dan Basic Personal Hygiene merupakan kunci utama bagi upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 atas rekomendasi dari olehnya.

Djasio juga rekomendasikan kepada asosiasi pengemudi melakukan Pelatihan Protokol Kesehatan dan Basic Personal Hygiene bagi para pengemudi ojol untuk kemudian kepada para pengemudi ojol yang sudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Protokol Kesehatan dan Basic Personal Hygiene agar diberikan sertifikat resmi sebagai syarat untuk bisa membawa penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper