Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waskita Toll Harap Pengembalian Dana Talangan Tanah Dipercepat

Dari keseluruhan dana talangan tanah yang telah dikeluarkan Waskita Toll Road, saat ini telah dikembalikan pemerintah sekitar 80 persen.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 04 Juni 2020  |  14:58 WIB
Jembatan Ogan. Jembatan sepanjang 1,6 kilometer ini sudah memasuki tahap pengecoran terakhir dan menjadi bagian penting dari penyelesaian jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sejauh 111 kilometer. - Kementerian PUPR
Jembatan Ogan. Jembatan sepanjang 1,6 kilometer ini sudah memasuki tahap pengecoran terakhir dan menjadi bagian penting dari penyelesaian jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sejauh 111 kilometer. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Waskita Toll Road berharap supaya pengembalian dana talangan tanah dapat dipermudah dan dipercepat oleh pemerintah.

Direktur Pengembangan Usaha dan Operasi PT Waskita Toll Road Mokh. Sadali mengatakan dari total dana talangan tanah yang telah dikeluarkan perusahaan, saat ini telah dikembalikan pemerintah sekitar 80 persen.

"Sisanya sebesar 20 persen masih memerlukan upaya dan proses lebih lanjut," ujar Sadali kepada Bisnis, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut, katanya, selama mekanisme dana talangan digunakan dalam pendanaan pengadaan tanah, maka proses pengembalian dana talangan tanah akan tetap berproses. Namun, masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki untuk mempercepat proses pengembaliannya.

"Kami memahami bahwa pengembalian dana talangan tanah bukan merupakan proses transaksi pengadaan tanah antara badan usaha dan negara sehingga persyaratan administrasi maupun mekanisme pengembalian dana talangan tanah perlu dipermudah dan dipercepat," jelasnya.

Menurut Sadali, pengembalian yang lambat akan berdampak selain memperlambat proses pengadaan tanah, juga terjadi pemborosan anggaran karena biaya dana yang meningkat akan membebani badan usaha dan pemangku kepentingan lain.

"Semangat awal adanya mekanisme dana talangan tanah adalah dalam upaya percepatan proses pengadaan tanah agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan lancar dan cepat, sudah seyogianya diimbangi pula dengan kecepatan pengembalian dana talangan tanah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol pembebasan lahan waskita toll road
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top